Apa Itu Portofolio Kerja & Mengapa Anda Akan Membutuhkannya?

0 21

Sebuah portofolio online menyediakan cara untuk mengungkapkan kredensial anda ke seluruh dunia. Hal ini memungkinkan anda untuk mengemas bukti terbaik pencalonan anda untuk pekerjaan seperti resume anda, karya desain, karya seni, laporan, rencana pelajaran, transkrip, sertifikat, artikel, dan banyak lagi dalam bentuk yang mudah diakses melalui Internet.

Apakah Saya Perlu Portofolio?

Portofolio yang solid, kohesif dan komprehensif menetapkan perbedaan anda dalam menjadi kandidat, memberikan “bukti” kepada calon bos atas pencapaian, keterampilan, dan kemampuan anda. Ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan ruang lingkup dan kualitas pengalaman anda, pelatihan, dan untuk menunjukkan bakat anda dan kemampuan anda untuk menghasilkan karya berkualitas tinggi di bidang yang anda tekuni.

Portofolio dapat berkisar dari sesuatu yang sederhana seperti versi online resume anda ke situs web yang penuh dengan materi. Portofolio komprehensif akan mencakup file pengolah kata dari resume anda dan sampel tulisan, gambar digital grafis dan karya seni anda, serta file video dan audio.
Di sebagian besar bidang kreatif – seperti menulis, desain web, desain grafis, iklan, fotografi atau videografi, misalnya – portofolio mutlak diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan. Jika anda diharapkan untuk menghasilkan karya kreatif dalam pekerjaan baru, perusahaan anda akan berusaha untuk meninjau dan menilai kinerja proyek anda sebelumnya.

Jika Anda tidak yakin apakah anda memerlukan portofolio, renungkan bidang anda dan pertimbangkan hal-hal nyata yang anda hasilkan sepanjang rentang karier anda. Apa pun yang anda buat yang mencerminkan dengan baik pada kapasitas kreatif atau pengembangan anda harus menjadi bagian dari portofolio anda. Jika anda masih tidak yakin, bicarakan dengan rekan kerja di bidang anda tentang apakah mereka menggunakan portofolio atau tidak.

Bagaimana Desain Portofolio Anda

Situs web yang dirancang dengan baik dapat secara signifikan mengubah reaksi pengguna terhadap pekerjaan anda. Dalam menciptakan portofolio online, tunjukkan kredensial dan informasi pribadi anda dengan cara yang fungsional, ramah pengguna dan estetis.

Jika anda memiliki beberapa HTML atau keterampilan desain web lainnya, anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat portofolio web yang menggunakan pendekatan presentasi yang lebih interaktif. Situs web seperti WordPress, BlogSpot, Squarespace, atau bahkan Tumblr adalah platformyang sangat hebat untuk membantu menciptakan kehadiran online untuk pekerjaan anda.

Dalam beberapa kasus, anda akan ingin memberikan hard-copy portofolio anda untuk di wawancara, jadi ingatlah bagaimana desain akan diterjemahkan ke dalam format fisik. Jika memungkinkan, cetak karya anda di atas kertas premium dan atur dokumen dalam folder yang bagus, binder atau tas portofolio kulit.

Cara Membangun Portofolio

Pikirkan portofolio anda sebagai sebuah karya dalam suatu proses – dokumen yang hidup dan diperbarui yang selalu berevolusi dan berkembang seiring dengan karier anda. Ambillah selangkah demi selangkah dan berikan waktu dan ketekunan untuk menciptakan portofolio profesional yang dipoles yang secara akurat mencerminkan pencapaian profesional dan kreativitas anda.

Periksa untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan dalam urutan kerja secara teratur. Waspada dalam memeriksa gambar yang rusak atau tautan yang rusak ke situs lain dan hapus informasi yang sudah usang. Jika anda memiliki tautan ke alamat email anda, periksalah untuk memastikannya berfungsi.

Terakhir, tambahkan tautan ke portofolio anda ke resume anda dan sebutkan dalam surat pengantar sehingga dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah.