Bahaya Backdate, Teknik Blackhat yang Sering Digunakan Portal Berita

0
8
Backdate Seo Technique
@jijieforsythe/Twenty20

Dari dulu sampai sekarang begitu banyak artikel yang meresahkan bahkan sampai membuat persepsi masyarakat menjadi negatif. Mulai dari judul yang dibuat untuk memancing sampai ke tanggal yang dibuat beberapa hari sebelum kejadian yang disebut ‘Backdate’. Teknik ini merupakan salah satu teknik blackhat dimana artikel yang seharusnya dipublikasi pada tanggal atau hari H, malah dimundurkan beberapa hari sebelum tanggal publish sebenarnya.

Biasanya, situs berita terkini akan menggunakan teknik ini untuk mengejar posisi pertama di mesin pencari, jadi jangan heran jika melihat kejadian-kejadian atau peristiwa yang seharusnya terjadi hari ini, beritanya sudah terpublish 3-4 sebelumnya. Saya tidak tau mengapa, namun situs portal berita sering banget tuh bikin artikel model begituan tanpa menghiraukan masyarakat yang membacanya.

Sekarang aja, banyak masyarakat yang mengira peristiwa-peristiwa yang terjadi hanyalah pengalihan isu atau drama yang sudah diatur sedemikian rupa. Walaupun pada dasarnya itu bukan drama, karena teknik backdate membuat masyarakat menjadi tidak percaya dengan peristiwa yang ada.

Cara mengetahui Backdate

Pada saat anda mencari info tentang peristiwa terbaru, biasanya akan ada oknum-oknum yang membuat artikel dengan cepat, kemudian mengubah waktu publikasi menjadi 3-4 hari sebelum kejadian. Biasanya, situs portal berita besar memiliki post-schedule atau artikel yang dijadwalkan agar tidak terpublikasi pada waktu yang bersamaan.

Dengan adanya post-schedule, author jahat mengakali dan mengundurkan 3-4 sebelum kejadian agar lebih mudah tercache oleh mesin pencari. Saya tau, mereka mengabaikan etika yang mampu menyebabkan berubahnya pola pikir masyarakat akibat berbedanya waktu kejadian.

Saya tidak tau apakah ini memang teknik yang banyak digunakan oleh orang atau hanya pada berita saja, namun jika portal berita menggunakan teknik ini memang akan menggiring banyak masyarakat kepada kebencian. Jadi bagi anda yang sedang membangun satiesfactions atau kepercayaan, saya sangat menyarankan untuk menghindari backdate.

Sedikit penutup

Bagi anda kontributor atau wartawan yang sedang menggeluti bidang yang ditekuninya, sangat diharapkan kerjasamanya dalam menulis, memberitakan sesuatu yang dibawakannya dengan jujur. Posisi di mesin pencari bisa diakali dengan mudah, namun kesalahpahaman yang terjadi di kalangan masyarakat akan sangat susah dikembalikan seperti sediakala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here