Bisnis Online Bukan Hanya Sekedar Mengenal AdSense

1 30

Begitu banyak pengguna internet yang masih kebingungan tentang apa itu bisnis online sebenarnya. Banyak pula yang menganggap AdSense sebagai alasan utama bisnis online itu ada. Padahal, AdSense sendiri hanyalah dompet untuk membantu anda mendapatkan uang dari internet.

Selain itu, menjadi publisher yang mengandalkan AdSense juga tidak salah kok, hanya saja bisnis online bukan hanya mengenal AdSense dan publisher saja. Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang advertising, dropshipping, digital nomad, dan lain sebagainya.

Bisnis online itu kurang lebih semua hal yang terkait bisnis yang dijalankan secara online. Jadi hampir gak ada bedanya kok sama bisnis offline biasanya. Hanya saja kita sudah tidak terikat tempat seperti office center yang ada di bisnis offline.

Bagaimana pandangan tentang AdSense?

Kalau menurut pandangan pribadi saya nih, AdSense itu hanyalah sepersekian persen dari bisnis online. Tergantung dari pola pikir seseorang juga sih. Teman-teman saya nih contohnya, mereka hanya terikat untuk menjadi publisher saja tanpa mencoba keluar dari zona amannya.

Untungnya saya tinggal di Aceh, begitu banyak designer-designer pintar yang menfokuskan diri di market-market luar untuk menyediakan assets seperti fonts, template, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan saya?

Nah, kalau saya nih juga masih lari sana lari sini. AdSense hanya sebagai alat riset untuk membantu saya menggali lebih dalam tentang internet. Selain bikin artikel tentang pengalaman, bisa riset-riset apa saja yang bisa digunakan di AdSense kan asik juga.

Saya juga memanfaatkan internet untuk membuat situs-situs blog, profil, edukasi dan lain sebagainya kemudian dijual kembali. Tujuan utama dari bisnis online kan untuk mendapatkan uang tuh, jadi gimanapun cara ya kalau udah dapat uang kenapa harus tertuju ke AdSense kan?

Mindset adalah penentu

Bagi sebagian orang, AdSense itu merupakan ladang yang besar. Nyatanya, perlu usaha yang ekstra serius untuk menggapai kesuksesan menjadi publisher di AdSense. Sangat disayangkan harus membuang begitu banyak waktu untuk menfokuskan diri menjadi publisher saja. Oleh karena itu, mindset adalah penentu segala hal.

Bagi anda yang memiliki jiwa yang begitu besar, cobalah berpikir out of the box. Memikirkan kembali hal-hal yang dapat anda lakukan seperti menjadi salah satu penakluk marketplace, dropshipper, jualan digital assets, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pada dasarnya AdSense hanyalah wallet seperti yang ada pada bitcoin. Hampir gak ada bedanya kok, semuanya memiliki grafik untuk melihat pendapatan, pengeluaran, dan tayangan (AdSense). Jadi bagi anda yang ingin menggali lebih luas bisnis online, bisa segera memperbarui kemampuan, lapak, mindset, dan mental. Selamat mencoba!