Blog Builder, Solusi Blogger Tanpa Harus Belajar Pemrograman

1 99

Blog builder merupakan salah satu solusi yang sangat membantu para blogger yang bergerak secara individu. Apalagi jika tidak memiliki ilmu pengetahuan seputar bahasa pemrograman, pastinya bakalan kewalahan banget pada saat harus mengedit template atau tema situs nya. Namun, para developer telah menciptakan salah satu inovasi yang sangat ampuh untuk mengatasi perihal ini.

Dengan kata lain, blog builder adalah tools yang membantu user untuk menciptakan sebuah blog bisa dengan cara drag and drop, 1-click installation, dan berbagai macam jenisnya. Dilihat dari perkembangan teknologi saat ini, begitu banyak blog builder yang dibuat secara gratis maupun berbayar oleh para developer yang bergerak pada bidang ini.

Kita sebagai pengguna sudah sangat dimanjakan dengan lahirnya tools-tools ‘solusi’ seperti ini. Kalau dulunya nih, saya harus belajar bahasa pemrograman dulu untuk ngoding templatenya atau sekedar merubah 1-2 baris kode yang ada. Namun sekarang, dengan bantuan blog builder tinggal drag aja apa yang di inginkan.

Apakah blog builder bermanfaat?

Saya sendiri sampai sekarang ini lebih memilih blog builder dibandingkan harus ngoding dari 0. Mengapa demikian? daripada harus membuang lebih banyak waktu, lebih baik kita mempercepat pengerjaan sesuatu agar bisa melakukan aktivitas lainnya.

Blog builder ini adalah solusi yang dibuat khusus untuk mempercepat pekerjaan kita. Kasian sekali kalau sampai tidka bermanfaat bagi sebagian orang. Tetap gak bisa dipungkiri sih, tipikal orang yang lebih nyaman coding sendiri juga ada kok, jadi kembali lagi ke minat masing-masing.

Blog builder terbaik dan gratis

Nah, daripada kebingungan mencari-cari solusi bikin blog tanpa ngoding, langsung saja lihat blog builder terbaik rekomendasi dari saya.

1. WordPress

Platform yang satu ini memang sangat saya rekomendasikan, termasuk saya sendiri udah bergelud cukup lama di platform ini. WordPress merupakan salah satu blog builder terbaik yang menjadi pilihan jutaan orang baik untuk membangun blog, agency, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

WordPress  juga didesain khusus pengguna yang tidak memahami atau tanpa ngoding. Jadi, pengguna bisa langsung membangun sebuah blog dengan tema yang bisa dipilih, plug-in yang siap untuk di install, dan berbagai hal lainya. Kalau anda membeli tema premium nih, wah… pastinya plugin drag-and-drop sudah tersedia di tema tersebut (sebagian besarnya).

2. Blogger

Blogger merupakan platform gratis yang disediakan oleh Google. Bagi sebagian orang, blogger masih menjadi pilihan utama dalam membangun sebuah blog untuk menulis. Dengan fitur yang sangat fleksibel dan juga bisa dimonetize di Google Ads.

Google juga menggratiskan sub-domain selamanya bagi pengguna yang mendaftar di platform ini. Jadi gak perlu mikiran buat perpanjang atau berlangganan di sebuah layanan. Berbeda halnya jika anda ingin terlihat lebih profesional, bisa mengcustom nama domain yang lebih pendek dengan Top Level Domains atau domain .COM.

Akhir kata…

Bagi anda yang lebih nyaman dengan platform WordPress, anda bisa mencoba plugin seperti elementor dan visual composer. 2 plugin tersebut sangat berguna untuk anda yang ingin membuat situs tingkat selanjutnya. Dengan fitur-fitur drag and drop akan sangat memudahkan pekerjaan anda. Sekian dari saya tentang blog builder, sampai jumpa di artikel solusi lainnya.