Dark Light

Gak suka muluk-muluk, saya biasanya buka situs terblokir juga pakai VPN, mau gak mau ya harus Subscribe, demi kelancaran mendapatkan informasi dan terkadang untuk mengakses situs client yang terblokir.

Contohnya Vimeo, terkadang ada client yang ingin melakukan embed video ke website, kan saya sebagai pengguna ISP dalam negeri, tidak dapat mengakses situs tersebut, apapun alasannya. Termasuk Reddit, dengan segudang informasi yang membantu, tetap saja saya harus menggunakan VPN atau proxy agar dapat mengakses situs tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara saya mengakses situs tanpa harus menggunakan VPN, Proxy, ataupun software tambahan.

Disclosure

Semua hal yang tertulis disini hanyalah bersifat informasi. Segala bentuk penyalahgunaan informasi yang menyebabkan kerusakan/kerugian bukan tanggung jawab penulis.


Cara ini sudah saya terapkan langsung pada perangkat yang saya gunakan, Laptop Acer Nitro 5 dan Komputer pribadi, termasuk saya tanyakan kepada beberapa rekan untuk melakukan uji coba dan berhasil.

Hubungkan perangkat dengan Internet.

Anda harus memastikan bahwa perangkat anda terhubung ke internet, terserah mau ISP apapun, biasanya hampir seluruh ISP dalam negeri memblokir situs-situs seperti Vimeo dan Reddit.

Akses salah satu situs terblokir.

Saya menyarakan anda memanfaatkan tutorial ini untuk mencari informasi yang bermanfaat saja. Silahkan buka situs Vimeo.com sebagai contoh, untuk memastikan bahwa jaringan internet anda benar-benar memblokir situs tersebut.

Network & Internet Settings

Karena situs benar-benar terblokir, sekarang saatnya kita membuka semua blokiran yang ada pada situs. Klik logo Windows untuk membuka Start, lalu ketik Network status, lalu pilih. Setelah muncul seperti digambar, klik Change adapter options.

Konfigurasi WiFi adapter

Selanjutnya melakukan konfigurasi pada WiFi adapter atau adapter apapun yang anda gunakan. Cukup klik kanan pada adapter yang terhubung dengan internet anda, pilih Properties.

Menambahkan DNS

Selanjutnya double-click pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu tambahkan DNS seperti pada gambar, lalu Save.

Berhasil!

Sekarang saya dapat mengakses Vimeo tanpa dikecal lagi oleh ISP.

Cara ini sudah saya terapkan pada beberapa perangkat, terutama yang memiliki OS Windows. Seharusnya OS apapun sama saja, namun pada iPhone saya belum bekerja.

Alternatif

Menggunakan DNS Google bisa langsung dari browser Chrome, cara ini lebih simpel, cukup ketik: chrome://settings/security, lalu pilih Use Secure DNS dan pilih dengan Google (Public DNS).

Untuk Android bisa menggunakan Chrome -> Setting -> Privasi dan Keamanan -> Gunakan DNS Aman -> Pilih Penyedia lain -> Google Public.

Referensi: https://www.facebook.com/ewwink/posts/10224870040686636

2 comments
  1. Wah cara lama ini masih bekerja ternyata, udah lama gak akses situs yg di blok via jendela.

    Di android sendiri bisa setting dns ke 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com

    1. Wah iya mas benar. Makasih informasi tambahannya, sejauh ini belum dicoba di perangkat lain. Lain untuk perangkat Desktop seharusnya untuk semua OS bisa. Sedangkan untuk Android/iPhone bisa pakai DNS CloudFlare yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Total
1
Share