Memulai Bisnis Pulsa untuk Pemula

Bisnis pulsa dari dulu sampai sekarang tetap saja menjadi salah satu pilihan usaha sampingan terfavorit. Disamping mudah dijalankan, Anda juga bisa mengisi waktu lainnya dengan mudah tanpa terikat dengan waktu atau harus bertempat di toko.

Nah, kalau Anda seorang mahasiswa, cocok banget untuk mulai bangun bisnis pulsa di perkarangan kampus Anda terlebih dahulu. Tidak usah jauh-jauh, incarlah teman-teman yang satu ruangan belajar dengan Anda, perlahan area bisnis Anda akan terus meluas. Selain itu, saya juga akan menulis beberapa tips ringan, pengertian dan apa saja hal yang perlu diperhatikan saat ingin memulai bisnis pulsa agar tidak membuat kerugian.

Permulaan

Sebelum mencoba memulai bisnis pulsa itu sendiri, Anda perlu mengetahui apa saja jenis pulsa yang ada agar tidak kebingungan saat konsumen Anda menanyakan status nya apakah tersedia atau tidak.

  1. Pulsa elektrik, yaitu pulsa yang terisi kedalam kartu provider pra bayar dengan menggunakan perantara elektrik.
  2. Pulsa MKIOS. MKIOS sendiri merupakan layanan isi ulang pulsa resmi langsung dari Telkomsel. Jadi Anda bisa mendaftar ke gerai-gerai yang menyediakan tempat pendaftaran MKIOS ini.
  3. Pulsa Voucher. Jenis yang satu ini sangat simpel, voucher yang berisi kode unik 16 digit yang bisa Anda ketikkan langsung secara mandiri di handphone Anda. Nantinya, Anda mendapatkan pulsa sebesar nominal yang Anda beli sesuai dengan petunjuk yang ada di voucher tersebut.

Dari ketiga jenis pulsa tersebut, pulsa jenis voucher dan MKIOS lah yang paling laris ditempat manapun. Selain itu, Anda juga bisa melirik penjual pulsa pra-bayar yang menawarkan harga murah.

  • Kenali siapa penjual atau seseorang yang ingin menconvert pulsa ke rupiah.
  • Pahami rate yang ditawarkan atau rate yang Anda tawarkan. Misal, si A ingin menjual pulsa 100K dengan rate 0.80, maka anda bisa mendapatkan pulsa 100K dengan harga 80K.
  • Gunakan rekber atau rekening bersama untuk mengantisipasi tindakan penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Penjual seperti ini biasanya sering berkeliaran di Facebook, cukup Anda incar saja pasar mana yang ingin Anda terjun. Biasanya di grup-grup marketplace, jualan hosting murah, domain, dan grup blogger, mereka akan sering hadir disana. Mungkin Anda dapat membangun hubungan relasi baru.

Langkah awal memulai bisnis pulsa

Persiapan awal terbilang cukup mudah, namun Anda harus konsisten karena pastinya profitnya tidaklah cukup besar, namun tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

  1. Siapkan modal minimal 100rb rupiah untuk mendaftar di MKIOS atau di gerai-gerai yang menyediakan pendaftaran MKIOS.
  2. Incar konsumen Anda dengan mudah, mulai dari sekitaran seperti keluarga, tetangga, teman dekat, dan lain sebagainya.
  3. Scale up perlahan bila perlu. Jika sudah yakin bisnis pulsa Anda berkembang, perluas target dan area bisnis Anda sebisa mungkin. Sebagai contoh, dengan adanya bantuan internet dan sosial media, anda bisa memasarkan bisnis pulsa Anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen tanpa jarak sekalipun.
  4. Usahakan jangan memberikan utang. Sekali Anda memberikan akses utang, maka bersiaplah untuk bangkrut. Banyak bisnis pulsa yang dibangun secara personal bangkrut gara-gara utang.
  5. Konsisten dan fokus, tinggal jalankan saja sebisa mungkin dan serileks mungkin.

Dari 5 poin diatas anda bisa memulai bisnis pulsa dengan mudah tanpa harus mengeluarkan budget yang cukup besar. Jangan lupa untuk mengatur keuangan dan pembukuan yang baik.

Putarkan kembali modal yang didapatkan untuk melanjutkan bisnis Anda. Ingat! pastikan pencatatannya terstruktur rapi sehingga Anda memiliki data yang baik mengenai bisnis pulsa yang Anda jalankan.

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on linkedin
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Navigasi