7 Rekomendasi Elementor Addons Pilihan Pribadi

Elementor telah berkembang dengan baik hingga hari ini. Dengan tambahan addons yang tepat saya telah meluncurkan banyak jenis website berdasarkan permintaan pelanggan. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi rekomendasi Elementor Addons yang saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan proyek.

Saya hanya merekomendasikan addons ini berdasarkan keperluan penggunaan. Anda tidak perlu menginstall seluruh addons ini jika belum menemukan kasus yang tepat, ini saran yang masuk akal untuk menghindari bloat pada website.

PAFE Piotnet

PAFE merupakan salah satu Elementor Addons favorit saya, terutama fitur form builder. Biasanya untuk membuat form yang digunakan di halaman kontak, saya menggunakan form bawaan dari Elementor itu sendiri. Namun untuk beberapa hal komplek tidak dapat dilakukan. Salah satunya seperti form kalkulator dan repeater. Dengan bantuan addons ini, saya dapat membuat form komplek seperti itu langsung di Elementor.

JetMenu

Hingga sekarang, mega menu masih menjadi fitur yang ditunggu-tunggu di Elementor. Belum ada informasi apapun mengenai kapan akan diluncurkan fitur untuk membuat menu yang lebih menarik visual. Bahkan, Elementor sendiri menggunakan custom CSS untuk membuat mega menu seperti di website resmi mereka. Oleh karena itu, dari banyaknya addons untuk mega menu yang telah saya coba, JetMenu yang paling cocok dan masuk akal. Walaupun sedikit lebih rumit dan juga hanya versi desktop yang optimal, selebihnya masih sangat kacau.

JetEngine

JetEngine salah satu Elementor Addons yang saya gunakan sepanjang waktu. Karena saya sering membuat website dynamic menggunakan Elementor, setidaknya saya sudah mengurangi beberapa plugin tambahan seperti ACF & CPT UI. JetEngine sendiri merupakan produk dari Crocoblock yang masih saudaraan sama JetMenu dan JetTabs.

Selain membuat Custom Post Type & Custom Field, saya juga memanfaatkan fitur Listings untuk membangun skin khusus untuk post item misalnya, dan Dynamic Visibility untuk mengatur kondisi tertentu pada elemen yang ingin saya tampilkan.

JetTabs

Elementor sudah memiliki widget untuk Accordion, Toggle, dan Tabs. Sayangnya, desain berkembang cukup cepat dan sering kali desain milik pelanggan tidak dapat dicapai hanya dengan widget bawaan Elementor. Terkadang saya menggunakan JetTabs untuk menyesuaikan Accordion dan Tabs yang rumit, termasuk mengaitkannya dengan Saved Templates di Elementor.

Ini cukup membantu sehingga banyak desain komplek yang dapat diselesaikan tanpa koding sekalipun.

Elementor Custom Skin

Kalau sedang membuat blog tanpa Custom Post Type & Custom Field, saya menggunakan Elementor Custom Skin. Plugin ini ringan dan hanya menambah fitur Loop pada Theme Builder. Selain menjadi salah satu Elementor Addons paling bermanfaat, ECS sendiri juga sangat mudah digunakan karena menyatu dengan Elementor dan dapat digunakan pada widget Posts Elementor sebagai custom skin, seperti namanya.

Dynamic Content

Dynamic Content addon yang cukup bermanfaat jika Anda sedang membangun website dynamic. Dengan addons ini, Anda dapat memperluas fitur dynamic bawaan Elementor dan tentu saja widget lainnya juga.

Pada Elementor Addons ini, widget favorit saya adalah Reveal. Addons ini menawarkan banyak fitur tambahan yang tidak ada pada addon lainnya, sehingga saya merekomendasikan addon ini sebagai salah satu pilihan terbaik.

Happy Addons

Ketika membuat website, saya akan cukup konsisten pada beberapa bagian seperti padding, jarak antar elemen, dan ukuran canvas. Dengan bantuan Happy Addons, memanfaatkan fitur Grid Layout dapat membantu saya membangun sebuah website pixel-perfect seperti desain pada Figma yang biasa saya lakukan.

Biasanya saya hanya mengandalkan kejelian mata, namun Grid Layout akan sangat berguna ketika membangun website skala besar.


Setidaknya inilah Elementor Addons yang saya gunakan untuk keperluan membangun website, semua tergantung kasus penggunaannya sendiri. Saya akan sering memperbarui artikel ini karena saya terus mencoba berbagai addons untuk menyesuaikan dan memberikan rekomendasi terbaik.

Saya membangun website sepenuhnya menggunakan Elementor Container, sehingga banyak addons yang tereleminasi. Saya menghindari menginstal banyak addons yang dapat menyebabkan website menjadi lambat dan berpotensi memiliki celah.

Saya harap artikel rekomendasi ini cukup bermanfaat untuk Anda. Jika Anda punya rekomendasi tambahan, beritahu saya di kolom komentar.

Related posts