PanduanWordPress

Cara Backup WordPress Self-Hosted dengan Mudah

Membuat blog sekarang ini bukan lagi menjadi hambatan utama. Apalagi jika anda seorang blogger yang telah berkecimpung cukup lama, pastinya hanya butuh beberapa jam saja untuk menyelesaikan sebuah blog. Namun bagaimana dengan pencadangan data? apakah anda sudah memikirkannya?

Sebagian dari kita sering mengubah, menghapus, bahkan menambah beberapa plugin, tema dan postingan pada blog. Ketika blog sedang berjalan, sering kali kelupaan melakukan backup pada versi sebelumnya. Hal ini membuat kita ceroboh bahkan dapat merugikan pihak lain, dalam hal ini client.

Jika anda memilih profesi sebagai webmaster atau web konsultan, pastinya ketika ada client yang ingin website atau blognya di maintenance oleh anda, harus dibackup terlebih dahulu. Alasannya, ketika anda melakukan pembaruan atau mengubah sesuatu yang ada pada blog, pastinya secara tidak sengaja atau silap pada sebuah syntax, membuat blog tersebut error.

Oleh karena itu, pencadangan data itu sangat diperlukan untuk mengatasi hal seperti ini.

Mengapa backup itu sangat dianjurkan?

Ada beberapa alasan utama mengapa anda harus menbackup situs anda setiap melakukan pembaruan, yaitu:

  • Menghindari adanya kerusakan atau error pada saat melakukan pembaruan. Jadi, ketika anda melakukan pembaruan dan terjadi error, anda tidak perlu lagi pusing memperbaikinya. Anda hanya perlu mengembalikannya ke versi sebelumnya dari cadangan data tadi.
  • Mengarsip data. Mungkinkah, di masa yang akan datang nanti anda memerlukan backup-an blog tersebut, baik itu untuk demo content maupun sebagai isi konten utama, anda dapat menggunakannya kembali tanpa harus menguras waktu lebih banyak.

Selain itu, saya ada beberapa cara backup yang dapat anda lakukan pada blog anda, terutama WordPress. Anda dapat memilih salah satu carayang lebih mudah menurut anda untuk melakukan backup pada blog.

Cara Backup WordPress Menggunakan Softaculous

Cara ini sangat mudah dilakukan oleh pemula yang belum atau baru mengenal hosting. Ketika anda membeli hosting di layanan atau penyedia hosting besar seperti GoDaddy, Namecheap, Exabytes, mereka biasanya sudah menyediakan Softaculous sebagai app installer di hostingnya.

Baca juga: Cara Backup & Restore WordPress Menggunakan Softaculous

Selain sebagai app installer, Softaculous ini sangat berguna untuk mengarsip atau melakukan pencadangan pada blog anda, penasaran kan? berikut caranya.

  1. Masuk ke cPanel/hosting anda. Kemudian cari Softaculous Apps Installer dibagian Software, dan klik.
    Softaculous Apps Installer
  2. Langkah selanjutnya pilih platform yang anda gunakan, kebetulan saya melakukan backup pada platform WordPress, jadi tinggal klik logo WordPress nya.
  3. Selanjutnya nih, scroll sampai batas terakhir, nanti akan muncul blog yang terinstall menggunakan platform WordPress. Anda tinggal klik icon Icon Backup dari Softacoulous untuk melakukan backup pada blog yang diinginkan.
  4. Tahap akhir, biarkan saja seperti adanya, langsung klik tombol Backup Installation.
    Halaman terakhir Backup Softaculous
    Biarkan seperti default layaknya digambar agar backup menyeluruh dari directory sampai ke databasenya.
  5. Selesai! Sekarang anda sudah berhasil mencadangkan data blog secara menyeluruh (pada domain yang anda pilih).

Untuk batasan pencadangan biasanya dibatasi oleh pihak penyedia hosting. Ada yang unlimited, 3x pengulangan (ketika sudah memiliki 3 buah backup-an, backup-an yang ke 4 akan digantikan dengan yang 1, jadi yang pertama akan dihapus/ditimpa). Anda bisa melihat pada spesifikasi hosting, biasanya dijelaskan di halaman pricing.

Ada juga yang membuat pesan warning seperti ini:

Your backups will be automatically purged after 60 days of the backup creation.

Artinya, ketika cadangan data anda sudah berumur 2 bulan atau 60 hari, cadangan tersebut akan otomatis terhapus dari hosting anda. Biasanya ini diterapkan untuk mencegah penggunaan kapasitas hosting yang berlebihan.

Cara Backup Menggunakan Backup Wizard

Backup Wizard ini merupakan tool yang sudah tersedia secara default atau bawaan hosting. Jadi, dimanapun anda membeli hosting, biasanya tool ini memang sudah lengket di hosting, sebagai fitur bawaan. Penggunaannya juga sangat mudah, walaupun tidak sesimpel Softaculous, Backup Wizard memiliki keunggulan tersendiri, yaitu:

  • Anda tidak perlu menunggu ketika backup sedang diproses. Artinya, anda dapat menutup laman browser anda tanpa takut backupnya dibatalkan.
  • Cocok untuk segala jenis website. Semua jenis file atau website yang ada di hosting tersebut atau pada directory utama, akan dibackup secara menyeluruh tanpa ketinggalan satupun file.
  • Sangat dianjurkan jika anda memanfaatkan seluruh fitur yang ada di hosting. Jadi, ketika anda menggunakan fitur seperti forwarding email, pastinya akan ketinggalan di hosting. Nah, gunanya Backup Wizard ini mencadangkan secara menyeluruh hal-hal yang penting untuk diamankan.

Daripada bingung kelamaan baca, langsung saja saya praktekin.

  1. Masuk ke cPanel/hosting anda, kemudian cari Backup Wizard. Pastiin ya, bukan Backup, namun Backup Wizard.
  2. Pada langkah/step pertama, anda ditawarkan 2 hal, yaitu Backup dan Restore. Disini kita ingin melakukan pencadangan, jadi pilih Backup.
  3. Selanjutnya, saya menyarankan anda untuk melakukan pencadangan secara menyeluruh, yaitu Full Backup.
  4. Terakhir, silahkan masukkan email yang anda monitoring untuk mendapatkan pemberitahuan ketika pencadangan selesai. Untuk Backup Destination tetap pilih home directory.
  5. Selesai!

Backup Wizard memang sangat cocok untuk website atau blog besar. Alasannya nih, ketika anda mengompress file dengan ukuran yang sangat besar dan banyak, memerlukan waktu yang tidak sedikit. Setidaknya anda harus tetap terjaga agar pencandangan tidak batal. Nah, Backup Wizard bisa berjalan di background loh. Jadi, anda bisa menutup halaman tersebut tanpa harus menjaganya sepanjang waktu.

Itu saja dulu menurut saya, lain kali akan saya tambahkan lagi ketika mendapatkan ide dan pengalaman baru. Semoga dapat anda gunakan dan pahami secara maksimal.

Jika ada hal yang kurang dipahami atau tidak jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar agar dapat didiskusikan bersama.

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.