Panduan

Cara Custom Email dengan Domain Sendiri

Custom Email dengan domain sendiri dapat membantu bisnis anda menjadi lebih profesional dan tentunya memangkas budget hampir 30% dari biaya yang dikeluarkan hanya untuk membayar layanan email.

Sebagian besar website, layanan atau jasa masih menggunakan email provider dari pihak ketiga seperti Yahoo!, Gmail, Hotmail, dan lain sebagainya. Memang tidak ada yang salah dengan layanan tersebut, bahkan saya sendiri juga menggunakannya. Namun, untuk website portal media, layanan pembuatan web atau desain akan lebih profesional jika menggunakan email dari domain sendiri.

Dalam hal ini, ketika ada orang yang ingin menghubungi website atau layanan tersebut via email, mereka akan mengirimkan pesan ke email yang dituju (yang ditampilkan di halaman kontak). Sebagai contoh, saya membuat halaman kontak dengan email dari penyedia pihak ketiga, iqbalmauludy@gmail.com.

Untuk website besar, akan lebih menarik jika menggunakan hello@namadomain.com. Untuk mendapatkan email seperti yang saya paparkan mengharuskan anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayarnya setiap bulan.

Nah, artikel ini akan membantu anda memangkas pengeluaran yang hanya digunakan untuk membayar layanan email. Bagaimana hal itu bisa terjadi? disini anda mengetahuinya.

Mengapa harus Custom Email dengan domain sendiri?

Ketika anda mencoba menampilkan lebih banyak sisi pada sebuah website anda, lebih profesionalnya anda menggunakan email sendiri agar terlihat mandiri. Studi kasus yang dilakukan teman saya, jasa yang dibuatnya hanya memiliki interaksi sedikit dengan para client. Namun ketika dia mengubah alamat email dengan mengganti nama tersebut sesuai dengan nama layanannya, interaksi yang terjadi pada jasanya meningkat sekitar 30%.

Karena mahalnya pengeluaran yang dibebankan untuk membayar layanan email, saya punya alternatif khusus yang akan sangat membantu anda.

Hal yang perlu dipersiapkan

Membuat email sendiri sih memang mudah, namun ada hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat custom email tersebut, apa saja itu?

  • Domain. Domain digunakan untuk membranding nama situs anda sendiri menggunakan email. Sebagai contoh saya menggunakan domain iqbalmauludy.com, saya menggunakan alamat email saya@iqbalmauludy.com.
  • Hosting. Hosting ini diperlukan untuk autentikasi dan membuat email sesuai nama domain anda.
  • Akun Gmail (Optional). Karena repotnya buka-buka webmail sebentar-bentar, saya melakukan forwarding email dari custom email ke akun Gmail.

FAQs

  • Berapa lama akun email ini aktif?
  • Berapa email yang dapat diterima setiap hari, jam, menit?
  • Apa kekurangan dari email ini?
  • Apa hal yang paling buruk terjadi dengan email ini?
  • Custom email akan aktif selama hosting dan domain masih aktif.
  • Kapasitasnya bisa diatur sesuka hati anda, namun untuk delaynya biasanya diatur oleh penyedia hosting. Maksudnya, ada jumlah khusus yang ditetapkan penyedia hosting untuk batasan email yang dapat diterima dalam 1 hari tersebut. Biasanya sih 100 email per menit.
  • Diharuskan anda mengawasi webmail setiap saat. Solusinya melakukan forwarding atau menyambungkan custom email ke akun Gmail.
  • Ketika anda pindah hosting, semua data email yang tersimpan di hosting (tidak melakukan forwarding) akan hilang.

Cara membuat Custom Email

Setelah anda memahami hal-hal yang saya jelaskan diatas, saatnya membuat custom email dengan domain sendiri.

  1. Pastikan domain dan hosting anda sudah terhubung dan dapat diakses. Jika belum, anda dapat menghubungkan DNS hosting anda di bagian nameserver domain pada penyedia domain yang anda gunakan.
  2. Masuk ke cPanel pada hosting anda. Kalau belum tau bagaimana cara masuknya, cari informasi hosting di email anda. Biasanya ketika anda membeli hosting, informasi login hosting akan dikirimkan ke hosting. Bisa juga melalui akun billing di provider tersebut.
    Login cPanel
  3. Langkah selanjutnya setelah login cPanel, anda hanya perlu mencari bagian Email Account, perhatikan gambar berikut.
    Custom email melalui cPanel
    Klik di Email Account tersebut agar masuk ke halaman selanjutnya.

     

  4. Nah, di halaman ini, anda dapat membuat, melihat, menghapus, dan menyambungkan ke Gmail. Sekarang saya akan mencoba membuat email baru menggunakan domain saya sebagai contoh.
    Halaman pembuatan custom email dengan domain sendiri
  5. Setelah berhasil membuat akun, anda dapat mengirim pesan dan menerima pesan langsung melalui webmail yang ada di hosting anda.
    Akses webmail melalui hosting
  6. Saya anggap anda sudah paham bagaimana cara menggunakan webmail. Sama aja kok seperti layanan email pihak ketiga lainnya.

Cara membuat Email Forwarding

Setelah berhasil membuat custom email seperti diatas, sekarang saatnya melalui email forwarding agar tidak kerepotan membuka webmail setiap saat.

  1. Login ke cPanel anda, kemudian cari Forwarders di bagian Email.
    Halaman cPanel untuk mencari Forwarders
  2. Setelah masuk ke halaman Forwarders, langsung saja klik Add Forwarder, kemudian pilih nama domain tadi yang dibuat dan masukkan nama belakang pada email tersebut. Sebagai contoh tadi saya membuat email dengan nama belakang custom-email@example.com. Pada bagian Destination dan Forward to Email Address ini, anda perlu mengisi tujuannya, atau alamat email yang sering anda monitoring. Saya sarankan pilih akun Gmail yang anda pakai saja agar lebih mudah dimonitoring.
    Halaman forwarder
  3. Selesai, ketika anda menerima pesan dari custom email, akan otomatis dialihkan ke email tujuan (forwarder) anda.
Conglusion…

Dengan custom email ini anda bisa menghemat lebih banyak uang dan menyimpannya atau menggunakannya untuk hal lain. Custom email ini bisa jadi alternatif yang sangat menarik untuk anda coba.

Untuk cara menghubungkan custom email dengan Gmail, saya menyiapkan tutorialnya di artikel lainnya.

Bagaimana menurut anda? cukup berguna bukan untuk bisnis anda? saya rasa seperti demikian, selamat mencoba. Jika anda menemukan error atau hal-hal yang tidak dimengerti, anda bisa menanyakan langsung di kolom komentar atau direct message via Facebook.

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.