Langkah Mudah Cara Membuat Akun PayPal

0 441

PayPal merupakan sebuah layanan dimana anda dapat mengirim dan menerima uang secara instan. Sekarang ini, dengan adanya PayPal, anda tidak perlu lagi repot-repot bertransaksi atau berbelanja di luar negeri. Kalau dulunya kita perlu kartu kredit untuk membeli barang diluar negeri, sekarang ini cukup dengan PayPal anda bisa mendapatkan hak yang sama dengan kartu kredit.

Nah, saya akan membuat artikel ini tentang bagaimana cara membuat akun PayPal dengan mudah, pastinya anda sudah sangat tidak sabaran bukan? Sebelum langsung ke tahap pembuatan akun, anda perlu menyiapkan beberapa yang akan dimintai oleh PayPal sebagai syarat pendaftaran, yaitu:

  • SIM/KTP. Nomor NIK yang tertera di KTP anda perlu untuk mengonfirmasi akun anda. Selain itu, nama, alamat lengkap, nomor HP diwajibkan di layanan ini.
  • Email fresh yang belum terdaftar layanan ini. Kalau anda sebelumnya pernah mendaftar PayPal menggunakan alamat email ini, silahkan buat email baru agar tidak dibatasi oleh pihak PayPal, ingat ini sudah melanggar ketentuan loh! PayPal membatasi 1 orang 1 akun.
  • Pengetahuan dasar menggunakan internet. Mengapa saya menambahkan poin ini kedalam list? Karena sebagai orang tidak paham etika dalam berinternet. Oleh karena itu, setidaknya perlu pengetahuan dasar untuk menggunakan internet agar tidak mencelakai orang lain.

Nah, kalau sudah ada syarat-syarat yang dimintai, langsung saja ke tahap berikut.

Langkah cara membuat akun PayPal

Sekarang langsung saja kita ke poin utamanya, yaitu membuat akun PayPal. Pastikan anda untuk mengikuti langkah-langkah tanpa melewatkan apapun.

  1. Buka situs PayPal untuk mendaftar, Pastikan url linknya sama persis seperti ini https://www.paypal.com. Ketika halaman terbuka, klik tombol Sign Up untuk mendaftar.
  2. Setelah mengklik tombol Sign Up tadi, anda dibawa ke halaman baru dan ditawarkan 2 pilihan, yaitu sebagai pengguna biasa alias personal dan untuk bisnis. Karena penggunaan pribadi, saya menyarankan yang sebelah kiri sebagai personal. Sewaktu-waktu anda ingin mengupgrade menjadi bisnis juga tetap bisa kok.
  3. Kemudian klik Get Started, anda akan dibawakan ke form pendaftaran akun, anda cuma perlu mengisi email yang belum pernah terdaftar dan password anda, kemudian lanjutkan.
  4. Nah, di langkah ini anda perlu mengisi semua form mulai dari nama lengkap, alamat, sampai nomor HP. Oh ya, saran saya sesuaikan saja dengan yang ada di KTP, biar mudah nanti jika ada kasus atau sengketa untuk diselesaikan. Setelah selesai mengisi, centang kotak kecil diatas tombol, kemudian baru klik tombol Agree and Create Account.
  5. Langkah selanjutnya skip saja, namun jika anda memiliki kartu kredit atau debit dan ingin menambahkannya, silahkan tambahkan 16 digit nomor kartu, THRU (masa expired), dan CVV.
  6. Langkah berikutnya yaitu verifikasi. Untuk langkah ini, silahkan buka email yang anda daftarkan tadi, kebetulan saya menggunakan Gmail untuk panduan ini.
  7. Nah disini perlu sedikit berhati-hati ya, terkadang ada spammer yang mengirim pesan palsu seolah-olah pihak PayPal, jadi saya menghimbau untuk lebih waspada. Perhatikan email pengirim, nama pengirim – jika tetap ragu silahkan konsultasi dengan expert yang anda yakinin mampu menjaga rahasia.
  8. Setelah anda klik tombol Confirm Email Address, anda diharuskan untuk mengisi password sekali lagi sebagai bentuk konfirmasi bahwa anda ingin mengonfirmasi alamat email sebagai email utama di akun PayPal tersebut.
  9. Selamat! kini anda dapat menggunakan akun PayPal tersebut untuk berbelanja dan menerima pembayaran.

Anda dapat melihat uang masuk dan uang keluar semuanya di dashboard ini. Anda dapat melihat icon ke 3 yang berada di tengah? yaitu “Link a card”. Nah, sebelumnya saya pernah mengatakan untuk mengabaikannya kan? saya sudah menyiapkan tutorialnya bagi anda yang tidak mempunyai kartu kredit.

Silahkan baca artikel cara verifikasi akun PayPal untuk menuntaskan pendaftaran dan mendapatkan status verifikasi di akun PayPal anda. Kelebihan dan kekurangannya nanti bisa anda baca langsung diartikel tersebut.