Panduan

Cara Membuka File .CSV di Microsoft Excel 2016

Baru semalam saya coba melakukan export kata kunci untuk menulis artikel di blog baru, tanpa saya sadari ternyata ekstensi dari file tersebut adalah .CSV dimana format ini digunakan sebagai format standar untuk export file. Sebagai pengguna awam yang sering kelupaan seperti saya, pastinya hal-hal dasar seperti ini sering membuat saya bingung sendiri.

Oleh karena itu, saya membuat artikel ini selagi ingat cara membuka file dengan format .CSV yang dapat di buka di Microsoft Excel. Oh ya, kebetulan yang saya tau format .CSV ini sudah kompartibel dengan Microsoft Excel, oleh karena itu saya coba tulis perlahan tutorialnya.

Cara Membuka File .CSV

Hal yang perlu anda pastikan ada di laptop adalah Microsoft Excel, entah itu versi 2007, 2010 ataupun 2016. Saat ini saya menggunakan versi 2016, kurang lebih sama kok walaupun dari segi tampilannya sedikit berbeda.

Jika anda sudah memiliki Microsoft Excel di laptop atau perangkat anda, silahkan unduh file .CSV yang ingin dibuka ataupun sudah tersedia di perangkat anda. Sekarang saya anggap semuanya sudah tersedia, jadi langsung saya praktekkan saja.

  1. Buka Microsoft Excel terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan kertas kosong Blank workbook jika di Microsoft Excel 2016.
  2. Selanjutnya, di menu Data, pilih From Text/CSV dan cari file dengan format .CSV yang ingin dibuka. Jika sudah dapat filenya, klik file tersebut dan Import.
  3. Tahap terakhir, pada bagian Delimeter pastikan bahwa anda memakai jenis Comma. Jika sudah dan yakin tampilannya sudah benar, langsung saja klik Load.
  4. Selesai!

Memang terlihat sangat mudah, hanya 4 langkah saja sudah terbuka. Tapi apakah anda yakin? sebelumnya bisa seperti ini. Saya rasa tidak, ketika pertama kali anda membuka langsung file ini, yang muncul adalah kolom yang tak beraturan dan semuanya menyatu.

Sekarang ini, export kata kunci menjadi lebih mudah. Selamat mencoba!

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.