Cara Mengatasi Gagal Submit KTP

Masalah yang membuat para Publisher trauma sampai sekarang adalah gagal submit KTP yang menyebabkan akun tersebut tidak berguna sama sekali.

0 1.413

Bagi pemain Google AdSense, akun yang berhasil submit pin harganya pasti sangat mahal. Dengan pembaruan kebijakan yang dilakukan pihak Google AdSense mewajibkan pemilik akun untuk mengirim bukti kepemilikan akun yang memiliki data sama seperti pada akun tersebut. Nah, data yang dimintai juga gak jauh-jauh dari persyaratan di semua layanan sih, mereka minta data seperti Passport, KTP, ataupun SIM.

Sampai disini, masalah baru datang menghampiri para Publisher. Tanpa disangka, peternak akun AdSense memiliki masalah terbesarnya, yaitu mengonfirmasi atau mensubmit identitas yang sama seperti pada akun. Nah, bagaimana jika punya 30-50 akun? kebingungan kan?

Karena kebijakan baru ini, akhirnya terpikirkan juga untuk menggunakan fake ktp untuk mengatasi persyaratan ini. Jadinya apa? akun tidak bisa disubmit lagi alias submit formnya tidak muncul lagi.

Seperti teman saya, kesempatan submit hanya 3x, namun karena menggunakan fake ktp, kesempatan itu hilang semua.

Kebetulan saya baru saja cari tau sendiri gimana cara keluar dari lingkaran ini, dan… Alhamdulillah semalam 1 akun saya bisa disubmit kembali, form muncul dan berhasil disubmit. *Saya tidak punya screenshotnya, karena akunnya sudah laku 😀. Daripada cape dengerin curhatan saya, coba ikuti cara yang saya lakukan semalam untuk mengatasi gagal submit KTP pada akun Google AdSense anda.

Cara mengatasi gagal submit KTP

Ada beberapa syarat untuk lolos dari cegatan Google, yaitu:

  1. Akun tersebut memiliki KTP real. Maksudnya tuh bukan fake ktp, terus pas submit kemarin gagal penyebabnya tidak lain karena format yang salah atau gambarnya blur. Kalau anda menggunakan fake ktp, saya tidak tau artikel ini akan bekerja untuk anda.
  2. Memiliki alasan yang kuat. Ketika anda ingin mengatasi gagal submit KTP, anda harus memiliki alasan yang kuat agar pihak Google mau membukanya lagi untuk anda. Biasanya di sesi ini akan terasa sedikit berat.
  3. Fake ktp? Goodbye. Anda menggunakan fake ktp, bisa mundur dulu. Saya tau tidak semuanya… ada beberapa yang lolos menggunakan fake ktp. Namun ketika Google mengetahuinya, bersiaplah untuk kemungkinan terburuk.

Langsung saja ikutin panduan berikut:

    1. Masuk ke akun Google AdSense anda yang gagal submit KTP. Kemudian klik Learn More disamping tombol action yang ada di bar merah.
    2. Nah, setelah anda mengklik tombol Learn More pada dashboard AdSense, sekarang kita diarahkan ke halaman support. Sekarang cari tulisan “Identity verification troubleshooter” tanpa tanda kutip.
    3. Disini anda harus menjawabnya dengan benar, Google akan mengajukan beberapa pertanyaan pada anda seputar akun anda. Saya menjawabnya seperti berikut:
      1. Did the system ask you to upload your ID to verify your identity? Yes.
      2. Have you used the maximum number of allowed attempts to verify your identity? Yes.
      3. Was your identity verified? Tip: If you see a red alert in your account about identity verification, this means your identity has not been verified yet. I see the red alert. My identity is not verified yet.
    4. Selanjutnya anda tinggal klik saja “form” yang ada di tulisan yang keluar setelah menjawab 3 pertanyaan diatas.
    5. Pada form ini, anda perlu mengisi pub-id anda, anda bisa mengambil pub-id di halaman pertama Google AdSense, perhatikan di URLnya kurang lebih seperti ini: https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-588591389762xxxxx/home. Kemudian email akun AdSense anda yang bermasalah tersebut, dan yang terakhir itu yang paling penting, yaitu alasan akun anda gagal submit KTP. Pada poin ke 3 itu anda harus menjawab alasan yang paling masuk akal, kalau saya jawabnya gini “Akun saya gagal submit identitas karena gambar tersebut sedikit blur atau format gambar yang salah. Saya ingin mensubmit ulang dengan gambar yang lebih jelas agar dapat melanjutkan menggunakan AdSense. (Dalam bahasa Inggris).

Silahkan cek email anda ketika selesai submit, Google akan mengirim pesan robot seperti ini:

Selanjutnya…

Anda hanya perlu menunggu sekitaran 1-4 hari kerja. Pengalaman saya sih cuma beberapa jam saja, karena info yang saya berikan juga valid. Saya tidak tau bagaimana itu bekerja di anda, semoga saja sama. Kalau sukses, Google akan mereset kembali kesempatan submit KTPnya.

Perlu anda ketahui, untuk menverifikasi identitas ini anda juga bisa mengirim file lain seperti SIM, Passport, dan juga KTP. Terus, perhatikan format yang benar ya… jangan sampai kesempatan terakhir ini disia-siakan.

Kalau anda pertanyaan, langsung saja tanyakan di kolom komentar, saya akan coba jabarin satu-satu buat teman-teman Publisher yang memiliki masalah serupa.