Cara Menulis Halaman ‘Tentang Saya’ Yang Sempurna Beserta Contoh

0 37

Menulis halaman ‘Tentang Saya’ atau bagian untuk portofolio, situs web, atau blog anda tidak pernah mudah. Namun, kabar baiknya adalah, jika anda mengikuti rumus dan tips di bawah ini, anda seharusnya dapat menghasilkan pernyataan ‘Tentang Saya’ yang menarik tanpa terlalu banyak memikirkan hal yang tidak perlu. Berikut ini cara menulis halaman ‘Tentang Saya’ yang dapat anda banggakan.

✨ Mulai

Halaman ‘Tentang Saya’ anda harus menyampaikan siapa anda dan apa yang anda lakukan, bagaimana anda sampai di sana, dan ke mana anda ingin pergi berikutnya. Latihan berikut dapat membantu dalam mencari tahu semua itu.

Habiskan sekitar lima menit untuk setiap pertanyaan. anda dapat menggunakan jawaban ‘contoh’ untuk memberi anda gambaran tentang jawaban apa yang mungkin terdengar seperti dalam bentuk akhirnya tetapi pastikan untuk menggunakan kata-kata anda sendiri agar lebih membawa ciri khas.

1. Apa yang sedang anda lakukan saat ini (sehubungan dengan karier anda) dan bagaimana anda sampai di sana? Bagaimana latar belakang anda yang membuat anda unik?

Contoh jawaban: 

  • Irina adalah seorang marketer, dengan pengalaman mengelola tim global dan kampanye multi-juta dolar. Latar belakangnya dalam strategi pemasaran, desain visual, dan manajemen akun menginformasikan pendekatannya yang penuh perhatian namun kompetitif.

2. Dalam hal pekerjaan yang anda lakukan, aspek apa yang paling anda sukai dan mengapa?

Contoh jawaban:

  • Irina didorong oleh keinginannya untuk memahami nuansa periklanan lintas budaya. Dia menganggap dirinya sebagai ‘siswa abadi’ yang ingin membangun dasar akademisnya di bidang psikologi dan sosiologi dan tetap selaras dengan strategi pemasaran digital terbaru melalui kursus lanjutan.

3. Apa yang anda anggap sebagian dari pencapaian profesional dan pribadi terbesar anda? Bagaimana atribut anda berkontribusi pada pencapaian itu? Mohon jelaskan dengan spesifik.

Contoh jawaban:

  • Haus akan pengetahuan dan tekad untuk mengubah informasi menjadi tindakan yang berkontribusi pada keberhasilannya yang paling baru di Cahaya Sukses Group, di mana dia memimpin grupnya menuju internasional, kampanye pemenang penghargaan untuk merek-merek terkenal seperti Resson, Gloranimax, dan Asparagus.
  • Sementara itu, ia meningkatkan produktivitas departemennya dengan menerapkan strategi manajemen proyek strategis dan memastikan keseimbangan kehidupan kerja untuk timnya. Irina percaya kesadaran di tempat kerja adalah kunci sukses.

4. Apa yang anda cari saat ini? Jika anda mencari pekerjaan, mempertimbangkan perubahan karir atau mencari proyek freelance, sebutkan dalam pernyataan anda. (Sertakan alamat email anda sebagai kalimat terakhir).

Contoh jawaban:

  • Irina saat ini bekerja sebagai direktur pemasaran freelance dan selalu tertarik dengan tantangan. Hubungi irinasuperplayer@gmail.com untuk terhubung!

🎉 Tips Menulis Halaman ‘Tentang Saya’ yang Besar

1. Setelah anda menyelesaikan beberapa tips di atas, anda akan memiliki beberapa materi untuk persiapan menulis halaman ‘Tentang Saya’ anda. Idealnya, setiap jawaban harus mengalir ke yang berikutnya. Sekali lagi, anda menginginkan produk jadi untuk mengungkapkan siapa anda dan apa yang anda lakukan, bagaimana anda sampai di sana, dan ke mana anda ingin pergi berikutnya. Setelah jawaban anda diatur ke dalam paragraf, mereka akan membaca sesuatu seperti ini:

Irina adalah seorang marketer, dengan pengalaman mengelola tim global dan kampanye multi-juta dolar. Latar belakangnya dalam strategi pemasaran, desain visual, dan manajemen akun menginformasikan pendekatannya yang penuh perhatian namun kompetitif.

Irina didorong oleh keinginannya untuk memahami nuansa periklanan lintas budaya. Dia menganggap dirinya sebagai ‘siswa abadi’ yang ingin membangun dasar akademisnya di bidang psikologi dan sosiologi dan tetap selaras dengan strategi pemasaran digital terbaru melalui kursus lanjutan.

Haus akan pengetahuan dan tekad untuk mengubah informasi menjadi tindakan yang berkontribusi pada keberhasilannya yang paling baru di Cahaya Sukses Group, di mana dia memimpin grupnya menuju internasional, kampanye pemenang penghargaan untuk merek-merek terkenal seperti Resson, Gloranimax, dan Asparagus.

Sementara itu, ia meningkatkan produktivitas departemennya dengan menerapkan strategi manajemen proyek strategis dan memastikan keseimbangan kehidupan kerja untuk timnya. Irina percaya kesadaran di tempat kerja adalah kunci kesuksesan – hidup dengan prinsip melalui minat dalam membaca, meditasi, berkebun, dan melukis.

Irina saat ini bekerja sebagai direktur pemasaran freelance dan selalu tertarik dengan tantangan. Hubungi irinasuperplayer@gmail.com untuk terhubung!

2. Tentukan apakah anda ingin menggunakan orang ketiga atau orang pertama. Orang pertama melibatkan penggunaan pernyataan seperti dalam, “saya”, sedangkan orang ketiga (seperti yang dicontohkan di atas) menggunakan “dia.” Anda akan menemukan “Tentang Saya” pernyataan yang ditulis dua cara. Yang paling penting adalah anda tetap dengan satu, daripada bergantian di antara keduanya.

Jika anda menulis pernyataan ‘Tentang’ di situs web bisnis, biasanya disarankan untuk menggunakan orang ketiga. Namun, jika situs web anda adalah portofolio atau blog pribadi, sebaiknya gunakan orang pertama.

3. Jangan mengoceh. Kemungkinan besar, rentang perhatian pembaca anda tidak akan terlalu lama. Cobalah untuk menjaga pernyataan Anda di bawah 250 kata, maksimal.

4. Tetap rendah hati. Meskipun penting untuk memasukkan pencapaian anda dan pengalaman anda, lakukan dengan cara yang wajar, hindari pernyataan aneh. Deklarasi seperti “Saya adalah profesional pemasaran terbaik yang pernah ada” adalah, atau “Any company that brings me on board is lucky to have me” pasti akan menyakiti diri anda lebih dari itu dan tidak akan membantu anda untuk dipekerjakan.

5. Gunakan kata-kata anda sendiri. Jangan menggunakan kata-kata dari tesaurus atau buku bisnis. Gunakan semuanya secara alami anda, yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara pribadi dan profesional. Anda tidak akan memperkenalkan diri dengan cara yang sama seperti, katakanlah, kepada seseorang yang baru saja anda temui di sebuah tempat makan, tetapi anda juga seharusnya tidak terdengar seperti seorang politisi yang mencalonkan diri sebagai presiden. Juga, jujurlah tentang minat dan tujuan anda.

6. Jangan mencoba menjadi lucu jika anda tidak lucu. Di beberapa halaman ‘Tentang Saya’, Anda akan melihat bahwa humor bisa sangat efektif. Namun, hindari lelucon jika mereka tidak datang secara alami kepada anda, dan jangan merasa tertekan untuk terdengar pintar dan menghibur. Berfokuslah untuk tampil sebagai orang yang mudah didekati dan menarik.

7. Bersikaplah jujur. Halaman ‘Tentang Saya’ anda harus mencerminkan minat anda yang sebenarnya, baik itu pribadi atau terkait pekerjaan. Anda tidak pernah tahu kapan seseorang mungkin menggunakan materi dalam pernyataan anda untuk memulai percakapan. Misalnya, jika anda tidak benar-benar menyukai meditasi, jangan menulis meditasi, atau jika anda membenci aspek manajemen akun dari pekerjaan anda, jangan menulis bahwa anda bersemangat tentang pengalaman klien.

8. Membaca, mencetak, dan membaca dengan keras. Typo membuat anda terlihat ceroboh dan mengurangi profesionalisme laman anda. Baca laman anda setelah selesai dan minta teman untuk melakukan hal yang sama. Publikasi, cetak dan baca dengan keras. Ini tidak hanya akan membantu anda menangkap kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa lainnya, tetapi ini adalah cara terbaik untuk memastikan pernyataan tersebut berbunyi secara alami dan terdengar seperti anda.

Jika ada sesuatu yang aneh, lucu, atau tidak terlihat seperti sesuatu yang anda katakan, kerjakan kembali kalimatnya sampai terdengar seperti sesuatu yang akan anda katakan.

9. Sertakan tautan bila memungkinkan dan relevan. Pastikan alamat email anda adalah tautan. Jika Anda menggunakan kata ‘pengalaman’, Anda dapat menautkannya ke profil LinkedIn anda. Jika anda menyebutkan proyek tertentu yang anda kerjakan, tambahkan tautan saat anda menyelesaikannya, baik itu tautan di portofolio anda, artikel berita positif, atau bahkan pos blog di situs anda sendiri yang membahas pengalaman tersebut.

10. Ingat bahwa halaman ‘Tentang Saya’ Anda adalah dokumen yang nyata. Kapanpun inspirasi datang, anda dapat (dan seharusnya) kembali dan memperbarui halaman untuk memastikannya mencerminkan secara akurat di mana anda berada dalam kehidupan saat ini.