Cara Mudah Mengamankan Uang Gajian dari Sifat Boros

0 54

Ketika hari gajian datang, mata kita akan dilihatkan berbagai macam hal, mulai dari yang berguna sampai sesuatu yang unfaedah. Biasanya nih, pas uang gajian udah masuk ke rekening, sering banget tuh pengen sesuatu, angan-angannya pengen beli ini lah, itu lah, pengen semuanya deh.

Karenanya, belum juga masuk ke 10 hari pertama, uang udah duluan habis. Ntah itu untuk sesuatu yang pokok, ataupun hanya untuk hiburan semata. Sering kali sifat beginian ada pada remaja yang belum mampu mengendalikan nafsu. Termasuk saya sendiri, ketika sudah mendekati hari H, saya akan mulai berangan-angan ingin membeli sesuatu seperti “Wah, pengen upgrade laptop nih ke series yang lebih baru, enaknya laptop yang mana ya?”

Walaupun kita sadar bahwa uang gajian kita belum mencukupi, namun tetap saja pikiran seperti demikian datang tiba-tiba. Anehnya lagi, ketika uangnya sudah ditangan, malah habis seperti dibawa angin. Heran kan?

Nah, karena saya udah rasain sendiri gimana nyeseknya diakhir bulan dan disaat darurat, saya punya cara khusus untuk mengendalikannya. Pengen tau? langsung saja simak cara berikut.

Mengamankan uang gajian dari sifat boros

Sebenarnya tidak sulit kok, anda hanya perlu membiasakan diri hidup dengan keadaan darurat. Maksudnya begini, ketika anda sudah terbiasa hidup dengan uang minim, jadinya pas ada uang lebih sedikit anda akan lebih menghargainya.

Versi saya nih, ketika saya berangan-angan ingin membeli sesuatu yang wah, saya akan menarik semua uang yang ada di ATM, kemudian menyisakannya dalam bentuk cash sekitaran 500rb deh paling banyak. Sisanya, saya investasikan.

Alasannya, ketika anda berinvestasi, sewaktu-waktu anda dapat menarik sekaligus mendapatkan keuntungan lebih dari investasi tersebut.

Tempat berinvestasi yang baik dengan uang gajian

Kalau saya sih ngikut kata orang tua dulu, karena uang yang dihasilkan juga cukup untuk 1 bulan penuh, jadi saya putuskan untung mengambil sekitaran 25% untuk biaya hidup selama 1 bulan, 75% saya investasikan dalam bentuk emas.

Mengapa emaskarena emas terus naik. Sewaktu-waktu anda dalam keadaan darurat, anda dapat menjualnya kembali, dan berdoa saja ketika anda sedang terjepit, emas yang anda jual juga dalam keadaan yang tepat alias harganya lagi naik.

Saya membiasakan diri untuk berinvestasi kecil-kecilan terlebih dahulu, sekurang-kurangnya 1 mayam (3,37 gram)/bulan. Lumayan juga sih, bisa nyimpan buat minang calon nantinya, jadi gak repot-repot lagi cari harta karun dan harus mengarungi samudra 7 naga.

Kalau anda yakin uang gajian anda cukup besar, anda bisa berinvetasi ke hal-hal yang lebih menarik lagi seperti tanah, properti, dan lain sebagainya.

 Cara menekan diri sehemat mungkin

Lagi-lagi versi saya ini cukup berguna untuk hidup. Disaat saya mendapatkan rezeki yang diberikan Allah, saya hanya menyisakan sedikit saja untuk diri sendiri. Mengapa tidak 50%, 75% untuk makan?

Jawabannya cukup mudah, hanya ingin lebih berhemat. Mengutamakan nafsu tidak akan ada habisnya, namun sekali-kali makan enak gapapa dong, ya pastinya pakai yang 25% tadi.

Kalau keadaan sudah sangat mendesak seperti kehabisan kuota dan lain sebagainya, saya akan mencari alternatif lainnya seperti melakukan pekerjaan sampingan, pokoknya hasil investasi gak akan tersentuh lagi.

Usahakan untuk meringankan tangan dalam memberi

Saya sering lihat di cafe-cafe ketika saya sedang nongkrong, banyak orang yang terlihat finansialnya cukup baik, namun enggan untuk memberi. Apalagi ketika ada anak kecil yang minta-minta, kan kasian tuh.

Kunci utama suksesnya investasi dan mudah rezeki itu yang sedekah, saya sudah membuktikannya. Ketika ada pengemis atau orang minta-minta, berilah sedikit uang anda, anggaplah itu sedekah anda dan amalkan sebaik mungkin.

Sisanya terserah dia, mau dibawa uangnya kemana, bagaimana cara ia mendapatkan uang, biarkan dia yang urus sendiri. Urusan kita sudah kelar sampai disitu.

Dan…

Akhir kata ini bisa jadi anda selanjutnya orang yang akan berhasil mengamankan uang gajian dari sifat boros anda. Cukup yakin dan tahan, pasti anda akan mampu menjadi salah satu orang yang beruntung ketika mampu mengendalikannya.

Mau hidup sederhana pun kalau pintar mengelola keuangan, pastinya anda akan termasuk orang yang bebas finansial (menurut saya pribadi).