Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Semenjak Google memperbarui browser Chrome dan mulai menandai situs web yang tidak menggunakan SSL sebagai tidak aman pada bulan Juli 2018, sakarang ini semua situs wajib menggunakan SSL termasuk pengguna WordPress.

0 171

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya. Karena kebutuhan, saya pun menjadikannya sebagai artikel agar dapat saya cari sendiri dengan mudah. Sekarang ini, SSL merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki setiap situs web di internet. Jadi, penting banget buat saya dan teman-teman yang menyediakan konten di blog untuk memilliki sertifikat SSL ini agar tidak ditandai tidak aman oleh Google Chrome. Pastinya kurang menyenangkan loh kalau sampai ditandai seperti itu, konten-konten kita malah kurang diminati oleh pembaca yang merasa kurang nyaman dengan tanda tersebut.

Sekarang ini bisa dibilang hampir semua hosting menggunakan Auto SSL untuk membuat banyak pelanggannya merasa lebih nyaman. Sekalipun hosting sudah menggunakan Auto SSL, WordPress secara default belum menredirect secara penuh dari HTTP ke HTTPS.

Anda bisa mencobanya dengan cara menginstall WordPress secara manual maupun melalui Softaculous untuk membuktikannya.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS

Ada 2 cara untuk melakukan redirect secara penuh dari HTTP ke HTTPS sekalipun anda membukanya melalui mode Guest. Cara pertama menggunakan plugin, tentunya lebih mudah dan instan. Sedangkan cara kedua menggunakan beberapa kode tambahan, cara ini lebih disukai karena tidak memerlukan plugin tambahan.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS Menggunakan Plugin

Cara ini bisa digunakan oleh berbagai pengguna yang tidak memahami bahasa pemrograman sekalipun. Terbilang cukup simpel karena hanya perlu menginstall plugin saja.

Plugin yang saya rekomendasikan adalah Simple SSL. Anda dapat langsung mengunduhnya dibawah ini dan menginstall di WordPress kesayangan anda.

  1. Masuk ke Dashboard WordPress anda
  2. Kemudian pada menu Plugins → Add New
  3. Upload plugin ini dan aktivasi
  4. Selanjutnya aktifkan SSL secara penuh!

Kini WordPress anda sudah sepenuhnya menggunakan HTTPS.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS secara manual

Cara ini perlu anda ikuti dengan seksama agar tidak terjadi error atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Note: Saya menyarankan cara ini untuk anda yang baru saja menginstall WordPress atau yang masih fresh (masih kosong).

Masuk ke Hosting atau cPanel anda. Kemudian pilih File Manager. Tampilkan terlebih dahulu hidden file agar anda dapat melihat .htaccess. Caranya pilih Settings di bagian atas kanan dan centang seperti digambar.

Menampilkan file tersembunyi.
Menampilkan file tersembunyi.

Kemudian masuk ke public_html dan cari file .htaccess, kemudian edit.

Selanjutnya, Anda perlu mengatur redirect WordPress dari HTTP ke HTTPS dengan menambahkan kode berikut ke file .htaccess anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, anda akan menghindari HTTPS WordPress tidak berfungsi karena WordPress sekarang akan memuat seluruh situs web Anda menggunakan HTTPS.

Jika anda ingin memaksa SSL dan HTTPS di area admin WordPress anda atau halaman login, maka anda perlu mengkonfigurasi SSL dalam file wp-config.php.

Cukup tambahkan kode berikut di atas baris “That’s all, stop editing” Di file wp-config.php Anda:

Sekarang WordPress anda sudah sepenuhnya redirect dari HTTP ke HTTPS.

Jika ada hal-hal yang mengganggu atau tidak anda pahami, silahkan laporkan keluhan anda di kolom komentar.