PanduanWordPress

Cara Update Tema dari Themeforest Secara Otomatis

Halo guys, kali ini saya akan membuat sedikit panduan bagaimana cara update tema dari themeforest secara otomatis. Alasannya, ada sebagian tema yang tidak menyediakan update otomatis, alias harus upload secara manual ketika ada pembaruan.

Pastinya anda sangat kerepotan bukan? oleh karena itu saya berharap, artikel ini dapat membantu anda dan mengatasi kesulitan yang selama ini terjadi. Daripada banyak basa basi, langsung saja ikuti panduan berikut.

Cara update tema dari themeforest

Pastikan anda memiliki sebuah tema yang anda beli dari themeforest. jika belum ada, anda bisa membelinya langsung melalui situs resminya.

  1. Login ke akun envato market anda, klik sign in dipojok atas kanan. Masukkan detail akun anda terlebih dahulu.
  2. Setelah login akun, kita akan mengambil personal token. Gunanya untuk mengupdate tema secara otomatis melalui plugin. Caranya, buka link build.envato.com/create-token dan centang seperti gambar dibawah ini.
    Update tema dari themeforest secara otomatis
  3. Setelah anda mencentang seperti digambar, klik create token. Kemudian, silahkan copy token yang berhasil anda generate ditempat yang mudah diingat, atau didalam notepad.
  4. Sekarang… anda perlu mendownload plugin updater bawaan themeforest, klik disini.
  5. Setelah berhasil download, pasang ke situs WordPress anda dan aktifkan.
  6. Jika berhasil terpasang, anda akan melihat menu baru di dashboard anda, klik Envato Market. Perhatikan gambar dibawah ini.
    Menu Envato Market
  7. Sekarang, tinggal masukkan token yang anda generate tadi di kolom yang tersedia.
    Form tempat memasang token
  8. Selamat! sekarang anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengunduh tema dan memperbarui secara manual. Anda hanya perlu mengupdate melalui dashboard saja tanpa harus kerepotan lagi.

Tambahan: Single Use OAuth Personal Tokens

Untuk Single Use OAuth Personal Tokens, anda dapat memperbarui tema satu per satu. Kalau anda memiliki akun yang berbeda, pastinya memiliki lebih banyak dari 1 token kan? Nah, untuk disinilah anda bisa menggunakan Single Use OAuth Personal Tokens.

Caranya cukup mudah, tinggal klik add item, masukkan token dan item id. NOTE: jika anda kebingungan mencari item id, anda bisa mengunduh file lisensi tema dari themeforest, kemudian cari item id, biasanya sih diatas lisensi akan terpapar jelas.

Itu saja cara update tema dari themeforest secara otomatis. Oh ya, panduan ini juga berlaku untuk plugin ya, penerapannya juga sama saja… hanya memerlukan token dan item id.

Jika ada hal yang kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar, Insya Allah akan segera saya bantu jawab semampu saya.

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.