Definisi Jalur Karier

0 17

Jalur karier terdiri dari serangkaian pekerjaan yang membentuk rencana karier anda. Jalur karir dan rencana karier mungkin terdengar seperti hal yang sama, tetapi tidak. Sebuah rencana karir meliputi jangka pendek atau tujuan jangka panjang yang mengarah ke karir yang ideal, sementara jalur karir secara khusus mencakup pekerjaan yang melangkah individu terhadap tujuan dan sasarannya.

Penasaran tentang cara kerja jalur karier? Hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa meskipun termasuk pekerjaan, anda harus mencapai tujuan akhir karir anda, jalur karier tidak perlu menjadi garis lurus. Tidak ada blueprint atau jadwal untuk menaiki tangga karir.

Jalur karier anda akan menjadi individual seperti anda. Anda dapat mengambil rute yang sangat berbeda dari rekan anda dan berakhir di tempat yang sama.

Apa Saja yang Termasuk kedalam Jalur Karir

Jalur karir secara tradisional menyiratkan pertumbuhan vertikal atau kemajuan ke posisi tingkat yang lebih tinggi, tetapi mereka juga dapat melibatkan pergerakan lateral di dalam atau di seluruh industri. Dan setiap jalur bisa sedikit berbeda untuk setiap orang, tergantung pada berapa lama anda harus mengambil untuk mencapai tujuan anda, atau jika anda mengubah tujuan anda sepanjang jalan.

Inti dari jalur karier adalah kenyataan bahwa anda akan mengubah pekerjaan dari waktu ke waktu. Rata-rata orang mengubah pekerjaan 10 hingga 15 kali selama karir mereka dan terkadang perubahan itu akan melibatkan berbagai jenis posisi dalam industri yang berbeda. Beberapa jalur karier memiliki beberapa pasang surut dan, pada kenyataannya, beberapa orang bahkan berencana pindah ke jenjang karier.

Sebagai contoh, orang-orang yang merupakan pengubah karir paruh baya mungkin harus turun satu atau dua tingkat dari tempat mereka berada, sehingga mereka dapat memperoleh pelatihan dan pengalaman yang mereka butuhkan untuk kembali menaiki tingkat yang lebih tinggi.

Apa pun jalan yang ditempuh seseorang, ia dirancang untuk memberikan kepuasan yang lebih tinggi terhadap nilai dan kebutuhan karir pekerja dengan menargetkan serangkaian pekerjaan yang dirancang untuk membawa mereka ke tujuan kariernya. Kepuasan kerja adalah salah satu kunci utama untuk karir yang bahagia dan jangka panjang.

Organisasi

Jalur karir terkadang merupakan bagian dari proses pengembangan karyawan dalam organisasi. Dalam hal ini, seorang karyawan dan supervisor atau perwakilan SDM mendiskusikan pengembangan karier pekerja dalam konteks organisasinya.

Ini dapat terjadi sebagai bagian dari proses penilaian kinerja dan mempertimbangkan kepentingan, pengetahuan, dan keterampilan karyawan. Pendidikan tambahan, pelatihan atau penugasan kerja dapat direncanakan sebagai mekanisme untuk mengkualifikasi karyawan untuk peran berikutnya dalam jalur karir mereka.

Dalam banyak kasus, seorang individu akan mengembangkan dan mengaktualisasikan jalur karier tanpa kerja sama dari atasan mereka. Para pekerja ini akan terlibat dalam proses eksplorasi karir secara mandiri atau dengan bantuan seorang konselor karir, mentor atau penasihat pribadi.

Contoh

Ini dapat membantu untuk meninjau contoh jalur karir untuk berbagai bidang karir yang berbeda. Perlu diingat bahwa beberapa jalur karier bersifat langsung dan mencakup pekerjaan spesifik yang menggerakkan seseorang menaiki tangga karier dan biasanya diikuti secara berurutan. Jalur karier lain bersifat tidak langsung dan mungkin melibatkan pekerjaan di berbagai industri atau jenis pekerjaan, seperti ketika seseorang bekerja pada perubahan karier.

  • Administrasi: Asisten Administrasi – Asisten Eksekutif – Manajer Kantor
  • Iklan: Koordinator Akun Periklanan – Asisten Eksekutif Akun – Eksekutif Akun – Eksekutif Akun Utama
  • Komunikasi: Asisten Hubungan Masyarakat – Perwakilan Hubungan Masyarakat – Asisten Direktur Hubungan Masyarakat – Direktur Komunikasi
  • Layanan Pelanggan/Penjualan: Perwakilan Layanan Pelanggan – Tenaga Penjual Dalam – Pemasok Luar – Tenaga Penjual Rekening Utama – Manajer Penjualan Regional
  • Development: Development Assistant – Annual Giving Officer – Development Associate – Mayor Gift Officer – Leadership Giving Officer – Associate Director of Leadership Gifts
  • Editorial: Asisten Editorial – Asisten Editor – Editor Associate – Editor – Editor Senior – Direktur Editorial
  • Pendidikan: Guru – Master Teacher – Kurikulum Koordinator – Asisten Kepala Sekolah – Kepala Sekolah
  • Pendidikan untuk Pelatihan: Guru – Tenaga Penjual Asuransi – Pelatih untuk Agen Baru
  • Teknik: Insinyur Muda – Insinyur Senior – Manajer Proyek – Konsultan Teknik
  • Pengusaha: Tenaga Penjual – Manajer Penjualan – Pemilik Bisnis
  • Sumber Daya Manusia: Asisten Sumber Daya Manusia – Pewawancara – Asisten Manfaat – Spesialis Manfaat – Asisten Direktur Sumber Daya Manusia – Direktur Sumber Daya Manusia
  • Eceran: Petugas Penjualan Eceran – Asisten Manajer – Manajer Departemen – Manajer Toko – Manajer Regional
  • Penjualan ke Pemasaran: Tenaga penjual – MBA – Asisten Manajer Merek – Manajer Merek – Manajer Grup – Direktur Pemasaran

Kiat untuk Menemukan Jalur Karir Anda

  • Selalu menjadi pembelajaran: Pasar kerja saat ini bergerak dengan cepat. Untuk mengimbangi, anda harus siap untuk menambah keahlian anda secara konstan. Tidak yakin keterampilan mana yang paling diminati di industri Anda? Lihatlah profil LinkedIn rekan-rekan anda – terutama mereka yang memiliki pekerjaan berikutnya di atas anda. Anda akan belajar keterampilan keras dan lembut yang anda butuhkan untuk melangkah.
  • Bayar perhatian pada berita industri: Seperti apa pekerjaan anda dalam lima tahun – atau 10 tahun? Tidak ada yang tahu pasti, tetapi jika anda mengikuti berita, anda akan mendapatkan rasa pandangan pekerjaan untuk pekerjaan anda dan pengusaha mana yang cenderung tetap berada dalam permainan.
  • Jaringan: Jaringan bukan hanya untuk pencari kerja. Terhubung dengan rekan-rekan anda dapat membantu anda mengidentifikasi arah baru untuk karir anda – bahkan jika Anda tidak tertarik pada pekerjaan yang melompat saat ini.
  • Buat rencana (tetapi jadilah fleksibel): Jangan memegang terlalu erat rencana karir anda ketika mengembangkan jalur karier anda. Bersikap terbuka terhadap peluang dan ingat tujuan akhir anda. Apa yang penting untukmu? Apa yang anda nikmati tentang pekerjaan dan karier anda – dan apa yang ingin anda minimalkan pada pertunjukan anda berikutnya?
  • Jangan takut pindah lateral: Terkadang, anda harus bergerak ke samping (atau bahkan mundur) untuk maju. Jika pekerjaan menawarkan anda kesempatan untuk mengembangkan keterampilan atau koneksi yang akan berharga di kemudian hari, jangan ragu untuk mempertimbangkan langkah lateral.