Kartu ATM Hilang? Jangan Panik, Ikuti 3 Langkah Mudah Berikut

0 43

Ketika kartu ATM anda hilang, hal yang pertama kali terpikirkan adalah ‘uang’. Bagaimana jika semua uang didalam kartu ATM tersebut ludes dilahap oleh orang jahil yang mengambil kartu ATM anda. Sewajarnya, hal ini terjadi karena keteledoran anda yang tidak was-was dengan barang pribadi anda.

Namun jangan risau, saya punya 3 langkah mudah untuk mengatasi hal tersebut terjadi. Ketika kartu ATM anda hilang, langsung ikuti 3 langkah mudah ini untuk mencegah hal buruk.

Blokir Kartu ATM

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika kehilangan kartu ATM adalah memblokir kartu debet anda. Gunanya untuk mencegah terjadinya kehilangan uang didalamnya. Apalagi kalau sampai PIN anda mudah ditebak, cukup menambah masalah kan?

Untuk memblokir kartu ATM, anda bisa menelfon pihak bank. Namun sepertinya itu cara lawas sih, sekarang ini dengan bantuan Mobile Banking anda bisa memblokir kartu ATM jauh lebih mudah. Hanya beberapa klik saja anda sudah bisa mengamankannya.

Datangi Kantor Polisi

Setelah anda berhasil memblokir kartu ATM anda, saatnya datang ke kantor polisi untuk mengurus surat kehilangan. Sekarang ini semua bank meminta surat kehilangan dari polisi untuk menyatakan bahwa anda kehilangan ATM.

Cara pengurusannya juga sangat mudah kok, pada artikel sebelumnya saya sempat menulis juga cara membuat surat kehilangan ATM di kantor polisi. Anda bisa membaca artikel tersebut untuk melanjutkan langkah ini.

Urus di Bank Terdekat

Langkah terakhir, tinggal datang ke bank dengan membawa keperluan tambahan seperti buku tabungan bank, KTP, dan juga surat kehilangan ATM yang dibuat di kantor polisi.

Jika semua berkas sudah siap, anda tinggal datangi ke bank terdekat, disarankan ke kantor cabang saja agar pengurusan jauh lebih mudah. Jika kantor cabangnya jauh, anda bisa datang ke bank yang dekat dengan anda, pastinya bank yang bersangkutan ya.

Nantinya ketika sampai di bank, anda tinggal laporkan ke satpam yang menjaga pintu bank tersebut, nanti disana anda akan diarahkan ke Costumer Service yang akan membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.

Oh ya, untuk pergantian kartu baru anda hanya perlu menunggu sekitaran 15 menit saja setelah anda mengisi form yang diberikan CS tersebut nantinya. Biasanya dipungut biaya administrasi seharga kartu itu pada pendaftaran awal, kebetulan saya pakai kartu debet Platinum, jadi kena biayanya sekitar Rp. 25.000,-.

Kalau anda merasa baru saja kehilangan kartu ATM, langsung saja diurus, jangan ditunda-tunda. Bisa bahaya kalau didalamnya ada segepok tabungan.