Kebiasaan begadang sudah menjadi hal yang lazim di kalangan remaja masa kini, apalagi yang menghabiskan malamnya dengan berhura-hura sambil bermain game. Anda bisa menyaksikannya di setiap kedai kopi. Kebiasaan ini sudah menjadi keseharian dan mereka pun menikmati setiap malam layaknya sedang nyantai di siang hari.

Pada dasarnya, kalau orang lain sedang beristirahat dengan tidur nyenyaknya, anak muda jaman sekarang malah nyengir sambil pegang gadget dan bermain game. Termasuk saya juga sih.

Sesekali memang harus merasakan depresi agar paham arti hidup. Namun, kebiasaan begadang menjadi tanda tanya besar dalam hati saya yang kerap menjadi pertanyaan pada diri saya sendiri. Sering banget tuh, dalam pikiran terlintas "buat apa sih begadang mulu, besoknya juga kerja lagi.. Lagian, begadang juga gak ngapa-ngapain".

Benar juga ya, begadang cuma buat ngegame bareng teman di warung kopi, lah... waktunya tidur malah dipakai ngegame, ngehe lagi. Nah, buat kalian yang masih suka begadang, saya punya tips dan cara ampuh buat ngatasin hal tersebut, berdasarkan pengalaman pribadi.

Memaksa diri untuk tidak tidur saat pagi setelah begadang

Maksudnya, setelah begadang dimalam hari, usahakan jangan tidur dulu dipagi harinya. Paksakan diri sedikit lagi untuk bertahan sampai malam hari kembali lagi. Nah, setelah shalat isya biasanya akan ditawarkan kasur yang saaaaaangat empuk untuk tidur nyenyak sampai pagi.

Cara ini memang ekstrim, namun saya sendiri selalu menggunakan cara ini untuk mengatasi kebiasaan begadang tersebut. Ya mau gimana lagi, angguk-anggukan pas siang hari dan ngisi waktu kosongnya dengan hal-hal berguna seperti ngeblog, mempelajari hal baru, apapun itu pokoknya saya tahan sampai isya.

Menyelesaikan aktivitas lebih awal agar bisa tidur cepat

Bagi pekerja lepas, pasti setumpuk tugas akan memenuhi keseharian Anda. Usahakan, untuk mengerjakan bagian mudah terlebih dulu agar yang sulit bisa dikerjakan diwaktu kemudian. Hal ini membuat pekerjaan Anda lebih efesien.

Memanfaatkan alarm untuk mengontrol waktu

Alarm bukan hanya sekedar untuk membangunkan tidur Anda, namun juga berguna untuk membantu Anda mengetahui jadwal yang sudah diatur. Baiknya, atur waktu alarm Anda pada jam tidur yang lebih cepat, jadi gak perlu lagi sampai lupa waktu tidur.

Saran-saran di atas bisa Anda terapkan mulai sekarang tanpa perlu ditunda-tunda lagi. Kebetulan ini bukan teori semata, tapi udah saya coba semuanya dan cukup membantu saya.