Langkah untuk Perubahan Karir yang Sukses

0 22

Tertarik dengan karir baru? Orang-orang berusaha mengubah karier karena berbagai alasan. Tujuan atau nilai karir anda mungkin telah berubah; anda mungkin telah menemukan minat baru yang ingin anda masukkan ke dalam pekerjaan anda, anda mungkin ingin menghasilkan lebih banyak uang, atau memiliki jam yang lebih fleksibel, hanya untuk beberapa nama.

Sebelum anda memutuskan, penting untuk meluangkan waktu untuk mengevaluasi situasi anda saat ini, untuk menjelajahi pilihan karir dan memilih karier yang akan lebih memuaskan bagi anda.

Tinjau tips-tips ini untuk menilai minat anda, mengeksplorasi opsi, mengevaluasi jalur karier alternatif, dan pindah ke karier baru.

10 Langkah untuk Perubahan Karir yang Sukses

  1. Evaluasi kepuasan kerjaanda saat ini. Buatlah jurnal harian anda terhadap situasi pekerjaan anda dan cari tema yang berulang. Aspek mana dari pekerjaan anda saat ini yang anda sukai dan tidak suka? Apakah ketidakpuasan anda terkait dengan konten pekerjaan anda, budaya perusahaan anda atau orang-orang dengan siapa anda bekerja?
  2. Kaji minat, nilai, dan keterampilan anda. Tinjau kembali peran-peran masa lalu yang sukses, kerja sukarela, proyek dan pekerjaan untuk mengidentifikasi kegiatan dan keterampilan yang disukai. Tentukan apakah nilai dan keterampilan inti anda ditangani melalui karier anda saat ini. Ada alat online gratis yang dapat anda gunakan untuk membantu menilai alternatif karir.
  3. Pertimbangkan karir alternatif. Pikirkan ide-ide untuk alternatif karir dengan meneliti pilihan karir, dan diskusikan nilai-nilai inti dan keterampilan anda dengan teman, keluarga, dan kontak jaringan. Jika anda kesulitan mendapatkan ide, pertimbangkan untuk bertemu dengan konselor karier untuk nasihat profesional.
  4. Lihat opsi pekerjaan. Lakukan evaluasi komparatif awal dari beberapa bidang untuk mengidentifikasi beberapa target untuk penelitian mendalam. anda dapat menemukan banyak informasi online hanya dengan Googling pekerjaan yang anda minati.
  5. Get personal. Cari tahu sebanyak mungkin tentang bidang-bidang itu dan hubungi kontak pribadi di sektor-sektor tersebut untuk wawancara informasi. Sumber kontak yang baik untuk pewawancara informasi adalah jaringan karir alumni perguruan tinggi anda. LinkedIn adalah sumber daya lain yang bagus untuk menemukan kontak di bidang karir tertentu yang menarik.
  6. Mengatur bayangan pekerjaan. Bayangan profesional di bidang minat utama untuk mengamati pekerjaan tangan pertama. Belanjakan di mana saja dari beberapa jam hingga beberapa hari pekerjaan membayangi orang-orang yang memiliki pekerjaan yang menarik bagi anda. Kantor karir perguruan tinggi anda adalah tempat yang baik untuk menemukan sukarelawan alumni yang bersedia menjadi tuan rumah bagi para pekerja.
  7. Cobalah. Identifikasi kegiatan sukarela dan freelance yang terkait dengan bidang target anda untuk menguji minat anda, misalnya jika anda berpikir untuk menerbitkan sebagai karier, cobalah mengedit buletin PTA. Jika Anda tertarik untuk bekerja dengan hewan, jadilah relawan di penampungan lokal anda.
  8. Ambil kelas. Selidiki peluang pendidikan yang akan menjembatani latar belakang anda ke bidang baru anda. Pertimbangkan untuk mengambil kursus malam di perguruan tinggi setempat atau kursus online. Habiskan waktu di seminar satu hari atau akhir pekan. Hubungi kelompok profesional di bidang target anda untuk mendapatkan saran.
  9. Tingkatkan keterampilan anda. Carilah cara untuk mengembangkan keterampilan baru dalam pekerjaan anda saat ini yang akan membuka jalan bagi perubahan misalnya tawaran untuk menulis proposal hibah jika penulisan hibah dihargai di bidang baru anda. Jika perusahaan anda menawarkan pelatihan in-house, daftarlah sebanyak mungkin kelas. Ada cara anda dapat memposisikan diri anda untuk perubahan karir tanpa harus kembali ke sekolah.
  10. Pertimbangkan pekerjaan baru di industri yang sama. Pertimbangkan peran alternatif dalam industri anda saat ini yang akan memanfaatkan pengetahuan industri yang sudah anda miliki misalnya. Jika anda adalah seorang manajer toko untuk rantai ritel besar dan telah bosan dengan jam malam dan akhir pekan, pertimbangkan pindah ke perekrutan perusahaan dalam industri ritel. Atau jika anda seorang programmer yang tidak ingin memprogram, pertimbangkan penjualan teknis atau manajemen proyek.

Tulis Resume dan Cover Letter Anda

Ketika anda siap untuk mulai melamar pekerjaan di industri baru anda, pastikan untuk menulis surat lamaran yang mencerminkan aspirasi anda, serta resume yang fokus ulang berdasarkan sasaran baru anda.