Marketing

Memanfaatkan Sosial Media untuk Menemukan Prospek Penjualan

Jika anda mulai melakukan penjualan, maka anda tahu bahwa membuat ‘panggilan dingin’ adalah salah satu bagian terburuk dari pekerjaan bagi kebanyakan orang pada umumnya. Memanggil atau mengirim email kepada orang-orang secara tiba-tiba untuk memberikan sesuatu kepada mereka, terutama ketika anda tidak mengenalnya mungkin terasa akan sedikit sulit, masih untung kalau tidak di claim sebagai spam.

Penjualan sosial adalah alat yang digunakan para marketer profesional untuk melakukan penjualan, membangun kepercayaan, hubungan melalui jaringan dan koneksi yang ada, menargetkan kegiatan pencarian mereka dengan sangat baik, dan sangat jarang melakukan panggilan tanpa persiapan.

Dan yang lebih mengesankan adalah bahwa para profesional ini melakukan penjualan yang menggunakan sosial media. Dengan proses penjualan ini, mereka melakukan jauh lebih baik daripada mereka yang tidak menggunakan sosial media.

Pertama-tama, mari kita definisikan apa yang dimaksud dengan penjualan sosial.

Sering kali ketika saya menulis kata-kata “penjualan sosial”, orang-orang mengira maksud saya pemasaran media sosial atau iklan yang ada di media sosial. Penjualan sosial bukanlah hal-hal seperti ini.

Sementara pemasaran media sosial dan periklanan media sosial melibatkan penggunaan platform media sosial untuk mendapatkan penjualan dan pengikut, penjualan sosial lebih kepada membangun relationship (baca: membangun hubungan baik).

Memanfaatkan sosial media untuk bisnis

Banyak orang tergoda untuk mengambil jalan pintas ketika mereka pertama kali menemukan penjualan sosial. Ada tempat-tempat di mana anda dapat mengotomatisasi, serta tempat-tempat di mana anda tidak boleh mengotomatiskan.

Otomasi sangat bagus untuk mengembangkan reputasi sebagai orang yang berpengaruh dengan memposting konten reguler ke platform media sosial anda, terutama LinkedIn. Anda dapat menggunakan salah satu dari banyak platform otomasi untuk membantu anda mengelola dan memposting konten secara teratur, tetapi anda tidak boleh mengotomatiskan interaksi anda dengan orang-orang nyata.

Masalahnya adalah tombol suka dan berkomentar secara otomatis tidak membangun hubungan yang baik. Orang tidak suka diperlakukan seperti robot.

Sebaliknya, terlibat, berinteraksi, dan muncul di kolom komentar. Anda ingin membuat diri anda tampak mudah didekati dan lebih manusiawi, jadi cobalah untuk lebih ramah dan berinteraksi secara langsung dengan audience.

Mengoptimalkan profil media sosial snda

Saat anda mulai mengoptimalkan profil untuk platform media sosial anda, pastikan bahwa anda melihatnya dari sudut pandang pelanggan anda. Tanyakan kepada diri anda, “Apa yang diinginkan pelanggan saya?” Kemudian pastikan anda menjawab pertanyaan itu di profil media sosial anda (maksud: mengoptimalkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan).

Sesuaikan profil anda untuk menampilkan diri anda dengan cara sebaik mungkin. Dan pastikan profil anda konsisten di semua channel media sosial.

The fine art of listening

Tidak ada waktu yang lebih baik dalam sejarah bisnis untuk menjual barang. Pelanggan anda memberi tahu anda apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan setiap hari di seluruh channel media sosial. Jika anda meluangkan waktu untuk mendengarkan curhatan mereka, maka anda mungkin akan terkejut dengan apa yang anda temukan.

Anda bahkan dapat mengetahui apa yang dikatakan orang tentang anda secara langsung menggunakan alat seperti HootSuite Streams.

Perhatikan di mana orang-orang mengalami masalah dengan produk atau layanan anda, serta apa yang mereka inginkan di pasar.

Ketika anda menjangkau kontak baru untuk pertama kalinya, pastikan untuk melihat daftar kontak mereka untuk melihat apakah ada hubungan timbal balik di antara anda (Facebook, teman yang sama). Juga, pastikan untuk membuat penjangkauan khusus yang memungkinkan anda membagikan artikel blog atau minat lainnya.

Berikan nilai

Penting untuk diingat bahwa media sosial bukanlah tempat untuk tampil sepanjang waktu. Anda tidak ingin tampil seperti anak berusia tiga tahun saat marah dengan temannya, mencurahkan semuanya ke wall anda.

Gagasan utamanya adalah untuk menyumbangkan informasi berharga yang dapat membantu menciptakan otoritas Anda sebagai ahli di bidang yang anda ikuti. Cara termudahnya, menulis pos dan berbagi pos yang relevan dengan bidang anda (keahlian yang anda miliki).

Idealnya di sini adalah untuk tidak mencoba melakukan penjualan pada kontak pertama, tetapi untuk menetapkan diri sebagai otoritas yang dipercaya orang banyak.

Melakukan bisnis dengan orang-orang yang mereka percayai

Ketika anda berkontribusi, anda mendapatkan kepercayaan.

Pastikan untuk memperhatikan dan tetap berhubungan dari waktu ke waktu. Jika seseorang mengirim pertanyaan, cobalah untuk mengirim jawaban yang bermanfaat dan solutif. Itu tidak harus secara langsung terkait dengan produk yang anda wakili, cobalah untuk sedikit out of topic.

Idealnya di sini adalah untuk menetapkan diri anda sebagai orang yang masuk ke dalam industri anda.

Jangan lupa! menyukai dan mengomentari hal-hal menarik yang mereka katakan juga. Dengan mengembangkan hubungan di mana orang mempercayai anda, akan lebih mudah menemukan bahwa mereka sering menghubungi anda ketika mereka siap untuk membeli.

Platform untuk penjualan sosial

Ada beberapa platform untuk penjualan sosial seperti LinkedIn yang banyak digemari. Anda dapat menggunakan Facebook dan Twitter, tetapi LinkedIn adalah pembangkit utama di area bisnis. Terutama berlaku jika anda berada di ruang penjualan B2B.

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat ketika membuat profil untuk LinkedIn, terutama ketika anda ingin mulai memanfaatkan teknik penjualan sosial, adalah bahwa anda harus mendesain profil anda sehingga keahlian anda relevan dengan pelanggan yang berpotensial untuk anda, bukannya relevan ke perusahaan yang berpotensial.

Ide yang bagus adalah menunjukkan keahlian anda dengan cara yang menunjukkan bagaimana pelanggan anda telah mencapai tujuan mereka dengan bantuan anda (testimonial).

Dengan LinkedIn, penting untuk mempertahankan hubungan yang baik. Karena hubungan ini menjadi rujukan di masa yang akan datang.

Fitur hebat lain dari LinkedIn adalah fitur Groups. Grup memungkinkan Anda untuk bergabung dengan asosiasi profesional di LinkedIn untuk dapat menemukan orang-orang baru untuk terhubung dengan jaringan anda.

Pastikan anda memasukkan artikel ini ke dalam strategi anda

Jika Anda memiliki produk mahal atau berada di ruang B2B, maka penjualan sosial adalah salah satu cara terbaik untuk menjual produk anda. Ini memungkinkan anda untuk mengembangkan hubungan prasyarat yang anda butuhkan.

Anda juga dapat menemukan bahwa ketika anda mengembangkan jalur ini, sering kali lebih mudah untuk mendapatkan bisnis baru daripada yang pernah anda duga. Penjualan sosial di sini untuk personal, jadi inilah waktunya untuk mengembangkan keterampilan anda menjadi lebih baik.

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.