Zaman millenial yang penuh dengan wirausahawan muda, sudah seharusnya kita membangun sebuah bisnis yang akan membantu maju selangkah lebih depan. Namun tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan matang, apa yang seharusnya ditawarkan ke publik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia sudah banyak menunjukkan aksinya, lahirnya startup-startup baru yang memiliki potensi besar untuk bersaing di tingkat internasional. Pastinya Anda sudah tidak asing dengan startup ini, mereka mengambil alih pasar, kemudian menjadikan pasar online.

Beberapa tahun terakhir ini juga banyak marketplace berkembang pesat dan sangat berefek ke publik. Contohnya saja, jika dulunya harus ke pasar untuk membeli pakaian, sekarang ini hanya perlu membuka marketplace dan menjelajahi seisi website sampai menemukan harga dan pakaian yang sangat cocok.

Pondasi bisnis itu adalah dasar untuk membangun sebuah bisnis yang akan Anda rawat nantinya. Sebagai contoh, Anda harus menciptakan inovasi, membuat orang terkesima, bukankah begitu? Jadi sebelum lahirnya inovasi tersebut, Anda harus memikirkan apa dulu yang harus disiapkan.

Beberapa orang juga ada yang berpendapat, para ahli biasanya memikirkan langkah awal dengan sketsa atau semacam blueprint, melihat segala kemungkinan apakah berpeluang? Jika memang iya, pasti akan dilanjutkan dengan penuh gembira. Begitu pula dengan kita, membangun bisnis itu layaknya rumah, pertama kita harus membuat pondasinya terlebih dahulu agar rumahnya kokoh.

Beberapa hal yang perlu diketahui saat membangun pondasi bisnis, antara lain :

  • Inovasi apa yang ingin ditawarkan? harus jelas agar bisnisnya berpeluang besar sukses di pasar.
  • Persentase laba dan rugi, harus terbayang sejak dini.
  • Apakah layak bisnisnya diluncurkan? Harus dipikirkan matang-matang, jika tidak akan merugikan diri di masa yang akan datang.

Anda harus berpikir kritis dalam mengambil tindakan, setiap langkah yang dijalankan akan menentukan setiap kesempatan baru. Jadi, pikirkan sesuatu yang mungkin dan yang tidak mungkin agar mampu membangun sesuatu yang berguna.