Cara Mudah Menambah Free Space di Google Drive

0 232

Sebelumnya saya membahas tentang free space tambahan dari Dropbox, jadi masih ada kaitannya dengan artikel ini yang juga tentang menambah free space. Bedanya, free space kali ini di Google Drive. Masih banyak yang belum tau kalau di Google Drive juga bisa mendapatkan free space, bahkan dari 15GB bisa menjadi Unlimited loh.

Penasaran gimana cara dapatinnya? langsung saja simak langkah berikut.

Cara 1: Memanfaatkan shared folder

Nah, di Google Drive itu ada yang namanya fitur sharing folder. Jadi, anda bisa memberikan akses ke folder atau file tertentu kepada pengguna lainnya. Kebetulan, di Google Drive ada 2 jenis sharing, yaitu tambah pengguna via Email dan bagikan via url.

Intinya sama saja, namun lebih baik tambah pengguna via Email karena lebih tertuju. Jika anda memanfaatkan alamat url folder tersebut, takutnya ada orang iseng yang mengakses via url yang tersimpan di cookie anda.

Langkah memanfaatkan shared folder

  • Nah, untuk cara memanfaatkannya, cukup anda membuat akun Gmail baru, kemudian buat folder baru di Google Drive. Kalau belum tau, cukup klik kalan kemudian New Folder.
  • Tahap selanjutnya, klik kanan di folder yang baru saja anda buat, pilih Bagikan atau Share, tambahkan alamat Email yang dituju. Sebagai contoh, Email yang baru anda buat selaku tumbal, anda cukup menambahkan alamat Email utama anda atau yang ingin anda jadikan tempat penyimpanan utama.
  • Kalau sudah siap, silahkan buka Email utama anda, kemudian pilih Shared with me di menu sebelah kiri. Cari folder yang baru saja anda tambahkan atau yang baru saja anda bagikan dengan email utama ini.
  • Kemudian klik kanan pilih Add to My Drive. Untuk mengeceknya, cukup pilih My Drive di menu sebelah kiri. Jika sudah yakin folder baru tersebut ada di Drive anda, cobalah untuk menambahkan file apa saja untuk meyakinkan diri bahwa folder tersebut sudah bisa digunakan untuk menambah apa saja.
  • Selamat, kini anda telah berhasil 1 langkah menempuh unlimited free space dari Google Drive. Jika merasa kurang cukup dengan tambahan 15GB free space dari akun lainnya, cukup ulangi dari poin pertama.

Sepengetahuan saya, tidak ada batasan shared folder yang bisa ditambahkan ke akun utama. Jadi, bisa anda manfaatkan seperlunya anda. Sebelumnya, free space yang ditawarkan Google Drive yaitu 15GB per Gmail. Dengan adanya shared folder ini, anda telah mendapatkan 15GB gratis lainnya, jadi total 30GB. Anda bisa mulai mencoba ternak akun Gmail dan memanfaatkan moment ini untuk mendapatkan space lainnya.

Cara 2: Menggunakan akun .EDU

Cara yang satu ini terbilang cukup menarik, jika anda sedang menjalani masa SMA atau SMK ternama, biasanya sekolah tersebut terdaftar sebagai mitra Google Edu. Setiap siswa biasanya mendapatkan 1 akun atau alamat email khusus sekolah. Termasuk kampus-kampus ternama seperti ITB, IPB dan lain sebagainya.

Sebagai mahasiswa anda pasti memiliki sebuah akun kampus yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal seperti memanfaatkan layanan email. Biasanya, kampus-kampus besar terdaftar di Google Education, anda bisa memanfaatkan akun kampus tersebut untuk mengclaim bonus-bonus spektakuler lainnya dari berbagai layanan seperti Github Edu, Microsoft Azure, Amazon AWS, Namecheap, bahkan Google Drive sekalipun.

Karena topik kali ini tentang Google Drive, anda bisa memanfaatkan free space dari Google Drive menggunakan akun kampus ini. Space yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung, unlimited gitu loh!

Anda tidak tergabung kampus manapun? Jangan risau, saat ini ada begitu banyak cara untuk mendapatkan akun .EDU atau akun kampus lainnya. Anda bisa mencari di internet cara mendaftar dikampus-kampus luar negeri yang memiliki hubungan mitra dengan Google.

Kalaupun terasa sulit, anda juga bisa membeli akun .EDU dengan harga yang cukup ramah kantong, yaitu 1$ atau Rp.10.000,- saja. Anda bisa mencari di grup-grup Facebook, Marketplace Indonesia, dan tempat-tempat yang terkait seperti forum-forum khusus internet atau bisnis.

Menarik sekali bukan? Setelah mendapatkan akun .EDU dengan unlimited free space, tinggal anda gunakan sepuas hati. Namun ingat! jangan pernah menyimpan data penting di akun .EDU ini. Karena ada beberapa teman yang akunnya disuspend atau dihapus oleh pihak universitasnya.

Mungkin cara nomor 1 lebih awet, sesuatu yang memerlukan usaha itu memang lebih nikmat, silahkan mencoba!