Pengalaman

Mengintip Tema WordPress yang Digunakan Orang Lain

Sebagai pemilik situs kita pasti gemar untuk mengintip situs-situs kompetitor atau saingan yang kerap menjadi rival utama kita. Selain situs sebelah, kita juga pasti mencari-cari inspirasi dari situs besar yang menggunakan platform WordPress. Selain artikel nih, pastinya tampilan situs menjadi salah satu acuan yang perlu diperhatikan dong. Seperti hal nya saya, mengintip tema wordpress yang digunakan kompetitor adalah salah satu jalan utama untuk mengalahkannya.

Artikel ini saya buat khusus buat teman-teman yang masih kebingungan dengan kata-kata “tema apa sih yang dipakai sebelah”. Artikel ini akan membantu anda memecahkan keingintahuan tema yang selama ini dipakai oleh kompetitor anda.

Cara mengintip tema WordPress

Nah, kalau masalah intip-intipan nih, ada 2 cara untuk mengetahui tema seperti apa yang digunakannya. Saya akan menjelaskan kedua cara tersebut secara terperinci.

1. Ispect Element

Ispect Element merupakan DevTools yang membantu pembuatan sebuah situs dengan menampilkan barisan kode yang terdapat pada sebuah halaman. Selain itu, dengan adanya Ispect Element ini, kita bisa mengetahui jika kompetitor menggunakan WordPress, kita bisa langsung mengintip tema wordpress yang digunakannya.

  1. Pertama, pastikan anda mengunjungi situs kompetitor dan berapa di halaman utama / homepage.
  2. Anda bisa memencet CTRL+SHIFT+I untuk membuka Ispect Element atau sekedar klik kanan pada mouse, pilih Ispect Element.
  3. Pada menu pertama, anda akan ditawarkan Elements, Console, Sources, dan lainnya. Pilih menu Sources. 
  4. Pada bagian Network, anda bisa melihat wp-admin, wp-content. Pilih wp-content -> themes
  5. Selamat! anda bisa mengetahui tema wordpress pesaing anda dengan mudah.

Sekarang, anda tinggal mencari aja di Google Pencarian menggunakan kata kunci “nama theme”. Sebagai contoh, Newspaper WordPress Theme, secara garis besar tema Search Engine akan menampilkan tema sesuai kata kunci ini.

2. Page Source

Cara ini sedikit merepotkan, namun cocok sebagai pembelajaran untuk anda yang ingin mengetahuinya lebih banyak.

  1. Sama seperti tahap pertama diatas, pastikan anda berada di homepage situs kompetitor.
  2. Pencet CTRL+U untuk menampilkan Page Source atau dengan cara klik kanan pada mouse, Page Source.
  3. Setelah muncul halaman yang berisi kode-kode HTML dan kawan-kawannya, pencet CTRL+F dan gunakan kata kunci “themes/” tanpa tanda kutip.
  4. Selamat, anda bisa menemukan tema wordpress yang aktif pada directory themes.

Dari cara ini, anda juga bisa melihat secara keseluruhan isi sebuah halaman yang ada pada homepage tersebut.

Akhir kata..

Cara ini sangat berguna bagi saya untuk mengetahui situs-situs besar pesaing baik dalam pembuatan situs, blog, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa mengetahui apakah pesaing menggunakan situs wordpress ataupun self-cms. Selamat mencoba!

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.