Payout ke-2 dari Patreon, sebuah situs yang sangat menarik

0 63

Akhirnya… rasa ingin menulis ini kembali muncul setelah sekian lama menahan diri untuk mempublikasi artikel tentang Patreon. Anda pasti bingung kan apa sebenarnya Patreon itu? Saya akan menjelaskan sekilas tentang Patreon.

Apa itu Patreon?

For creators, Patreon is a way to get paid for creating the things you’re already creating (webcomics, videos, songs, whatevs). Fans pay a few bucks per month OR per post you release, and then you get paid every month, or every time you release something new. Artinya, jika anda seorang creator, anda bisa mendapatkan bayaran atau dukungan dari para fans anda berupa donate yang relatif cukup besar, baik itu bulanan maupun setiap saat anda menerbitkan karya anda di wall Patreon anda.

Saya udah ikutan pakai Patreon selama 2 bulan, well.. hasilnya cukup menarik loh. Saya tidak akan membeberkan nilainya berapa, namun anda bisa mencoba bergabung terlebih dahulu dan melihat-lihat creator yang terjun disana. Ada pula creator yang menampilkan penghasilan bulanannya, seperti yang saya capture salah satu ini:

Earning dari Patreon
Hasil capture dari salah satu creator di Patreon.

Patreon memang bisa menjadi pilihan terbaik anda yang memiliki bakat untuk mendapatkan dukungan dari fans anda. Sama halnya seperti para gamer pro yang live streaming setiap saat seperti shroud dan mendapatkan donasi dari para fansnya melalui platform serupa.

Biasanya, platform seperti ini sangat cocok di kalangan artist yang memiliki desain yang menarik.

Terus.. saya disana ngapain? kan saya gak punya bakat? Wah, jangan salah.. gini-gini saya juga bisa share yang saya suka loh di Patreon.

Kebetulan saya punya minat yang sedikit banyak, walaupun campur aduk, semuanya masih saling terkait kok.

Saya sering sharing tentang blog, WordPress, platform desain yang menarik, tentang bisnis, dan masih banyak lagi lainnya. Jadi disana nantinya anda bisa membuat benefit khusus untuk para fans setia anda, gak cuma mereka dukung saja.. tapi mereka juga pantas mendapatkan bonus dari anda.

Dilihat secara keseluruhan, saya tergolong masih newbie banget tentang Patreon, jadi masih menghasilkan secuil dari para creator lainnya.

Penutupan..

Artikel ini saya buat khusus buat hilangin hasrat ingin menulis saja kok, tulisan tentang Patreon selanjutnya akan saya buat lebih lengkap lagi tentang bagaimana tata cara bergabung di Patreon dan juga menghasilkan banyak uang tanpa harus terikat dengan bos anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.