PayPal Quickstep merupakan sebuah artikel yang saya kemas lengkap untuk siapa saja yang ingin menggunakan PayPal sebagai salah satu alat pembayaran atau rekening online. Dengan artikel ini, anda akan mulai mempelajari lebih lengkap bagaimana cara membuat akun PayPal, verifikasi dengan VCN (tanpa kartu kredit), menerima pembayaran, hingga menyelesaikan sengketa yang ada pada akun.

Sengaja saya susun lengkap di artikel ini guna menjadi sebuah arsip bagi saya sendiri sehingga pada masa yang akan datang, saya ingin melihat kembali kilas balik apa saja yang telah saya lakukan selama ini. Baik, saya rasa pembukaannya sudah jelas tentang apa saja yang akan kita bahas, jadi bisa mulai mengenal PayPal terlebih dahulu agar tidak bingung jika ditanyai orang kemudian hari.

Mengenal PayPal

Berdasarkan opini pribadi, PayPal merupakan sebuah alat pembayaran atau rekening online yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara real-time dengan siapa saja di berbagai belahan dunia manapun. Dengan PayPal, anda dapat menerima pembayaran, berbelanja online, bahkan sekedar menabung dalam mata uang dollar.

PayPal digunakan oleh banyak perintis digital, freelancer contohnya. Saya juga freelancer, jadi sangat penting memiliki rekening PayPal agar dapat menerima pembayaran dari client saya. Bayangkan jika kita bertransaksi antar bank, delay atau proses kliring saja sampai 4 hari, dengan PayPal hanya hitungan detik uang masuk ke rekening anda.

Sekarang ini, PayPal telah menjadi alat pembayaran paling populer di dunia, juga menjadi salah satu opsi paling wajib di toko online global. Jadi tidak heran jika anda melihat toko online yang dibuat menggunakan platform WordPress, Shopify, eBay sekalipun menggunakan PayPal. Karena memang keamanannya sudah terjamin dan penggunaannya yang ramah pengguna. Bagi anda yang belum mendaftar, sekarang saatnya.

Cara Mendaftar PayPal

Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah biodata diri, alamat email valid yang anda pantau setiap saat, dan juga pastinya identitas (KTP/SIM/Paspor). Syarat menggunakan PayPal sama seperti perbankan lainnya kok, wajib 17 tahun keatas, ini gunanya biar nasabah memiliki tanggung jawab atas rekeningnya sendiri. Jika dibawah umur, saya rasa anda cukup bersabar dulu untuk memiliki rekening hingga mencapai syarat ini. Nah, jika dirasa semuanya sudah tersedia, mari kita lanjutkan ke tahapan registrasi akun.

  • Klik tautan ini untuk mengunjungi situs resmi PayPal. Langsung saja klik Daftar di navigasi atas.
  • Selanjutnya akan ada pilihan seperti digambar dibawah ini, pilih sesuai kebutuhan anda. Jika anda seorang Freelancer, pilih yang bawah untuk menerima pembayaran.
PayPal Quickstep
  • Selanjutnya masukkan alamat email yang valid, ini penting untuk username anda login nantinya. Pastikan bahwa alamat email ini anda pantau setiap saat, karena ini rekening (bukan akun mainan) yang bisa dilupakan kapan saja.
  • Setelah mengisi alamat email di kolom tadi, kini muncul kolom baru seperti digambar. Harap di isi dengan benar sehingga data anda dapat divalidasi nanti.
PayPal Quickstep
  • Selanjutnya pilih jenis bisnis yang anda jalankan, saya sendiri pilih Individual – Professional Services – dan kolom ketiga saya isi url situs ini (kolom ketiga itu sebagai tambahan saja, tidak wajib).
PayPal Quickstep
  • Pada tahap terakhir ini, hanya dimintai salah satu dari 3 identitas yang dikeluarkan pemerintah (KTP/SIM/Paspor) dan tanggal lahir. Anda cukup memilih salah satu, lalu masukkan angka 16 digit yang ada pada KTP atau angka yang ada pada SIM, saya tidak tau berapa digit angka Paspor karena belum punya, jadi saya hanya mengisi nomor SIM saja dan tanggal lahir. Oh ya, pada bagian yang di centang itu, karena saya Freelancer dan tidak memiliki alamat bisnis fisik, saya gunakan alamat rumah saja. Kalau anda punya alamat fisik untuk bisnis, studio contohnya, anda dapat mengubah alamat rumah anda dengan menghilangkan centang itu.
PayPal Quickstep
  • Selesai! kini anda dapat mempersiapkan pembayaran/menghubungkan kartu kredit ke akun PayPal. Namun itu akan saya bahas nanti bagaimana cara memverifikasi tanpa memerlukan kartu kredit. Sekarang anda hanya perlu melakukan verifikasi akun. Buka alamat email yang anda daftarkan lalu klik verifikasi.

Selamat! kini anda telah memiliki sebuah rekening online yang dapat anda gunakan untuk menerima pembayaran, berbelanja online, hingga menyimpan uang dalam bentuk mata uang dollar.

FYI

Akun yang baru saja anda daftarkan berdasarkan tutorial ini adalah akun bisnis. Dengan akun bisnis ini anda mendapatkan lebih banyak fitur pendukung daripada akun PayPal personal. Ketika anda masuk untuk pertama kalinya, PayPal biasanya meminta untuk menyiapkan beberapa pengaturan dasar untuk bisnis anda, biasanya hanya informasi umum saja.

Cara Verifikasi Akun PayPal

Kita baru saja menyelesaikan tahap registrasi akun, kini saatnya menyiapkan pembayaran dan mendapatkan status terverifikasi di PayPal. Ada banyak kelebihan ketika anda menjadi pengguna yang terverifikasi, salah satunya adalah dapat menerima pembayaran lebih dari $10.000. Ini sangat membantu untuk pekerja lepas seperti saya. Juga ada banyak situs terpercaya yang mewajibkan pengguna untuk memverifikasi rekening PayPal agar terproteksi lebih baik.

Indonesia sendiri masih sangat jarang pengguna kartu kredit, bahkan lebih banyak yang menghindar. Saya memiliki alternatif yang bahkan bisa dikatakan kartu kredit utama saya, ya namanya VCN BNI. Sebuah kartu virtual yang diterbitkan oleh BNI, dapat dibuat langsung melalui BNI SMS Banking ataupun Mobile Banking.

Dengan VCN BNI, anda dapat melakukan verifikasi pada akun PayPal, juga berbelanja online layaknya menggunakan kartu kredit. Karena saat ini kita fokus untuk membahas cara verifikasi PayPal, maka saya langsung lanjutkan tutorial berikut.

  • Siapkan rekening BNI yang sudah terdaftar BNI Mobile Banking. Jika anda belum memiliki rekening BNI atau terdaftar Mobile Banking, silahkan pergi ke Bank BNI terdekat dan buka rekening disana. Saya sangat menyarankan anda membuka rekening BNI atau BNI Syariah, karena kedepannya sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan online seperti membayar tagihan menggunakan kartu kredit dan lain sebagainya.
  • Setelah itu, masuk ke BNI Mobile Banking anda dan pilih menu Produk & Jasa Lainnya.
PayPal Quickstep
  • Kemudian pilih menu BNI Debit Online (VCN).
PayPal Quickstep
  • Kemudian anda akan masuk ke bagian pemilihan rekening, cukup lanjutkan saja. Lalu muncul 3 kolom, salah satunya untuk memasukkan jumlah nominal saldo. Untuk verifikasi PayPal cukup masukkan 40.000 IDR saja, perhatikan gambar:
PayPal Quickstep
  • Lalu Lanjut dan konfirmasi dengan cara memasukkan password BNI Mobile Banking anda (bukan PIN). Jika berhasil, akan muncul seperti gambar dibawah ini:
PayPal Quickstep

FYI

Nomor kartu kredit adalah Nomor BDO/VCN, terdapat 16 digit. Kemudian untuk masa aktif ialah Valid Thru, jika digambar diatas adalah 12/21. Lalu, untuk CVV/CVC2 merupakan security code yang memiliki angka 3 digit saja.

Untuk melanjutkan tahap verifikasi PayPal, pastikan anda melakukan tangkapan layar pada VCN yang berhasil anda buat. Karena kita membutuhkan 16 digit nomor kartu kredit, 3 digit CVV, dan masa aktif.

  • Login ke akun PayPal yang telah anda buat. Lalu pilih menu Balance.
  • Pada bagian paling bawah, terdapat sebuah bidang Link a new card, klik bidang tersebut.
PayPal Quickstep
  • Selanjutnya anda masuk ke tahap menghubungkan kartu kredit. Masukkan kolom pertama dengan 16 digit nomor BDO/VCN. Lalu pilih jenis kartu Mastercard, karena diawali angka 5. Selanjutnya masukkan masa aktif kartu dan security code, dan lanjutkan.
PayPal Quickstep
  • Jika berhasil, akan muncul pesan seperti berikut:
PayPal Quickstep
  • Belum selesai, anda cukup klik Done dan scroll kembali ke bagian kartu kredit tadi, lalu klik Confirm your card pada kartu Mastercard.
PayPal Quickstep
  • Muncul sebuah popup, klik Confirm your card seperti digambar:
PayPal Quickstep
  • Selanjutnya muncul sebuah instruksi, cukup klik Get Code.

FYI

Dulu, untuk mendapatkan PayPal Code untuk verifikasi ini mengharuskan kita menunggu 5-7 hari, kemudian mendatangi bank untuk melakukan print rekening koran. Sekarang, dengan adanya Mobile Banking, semuanya menjadi instan dan lebih mudah.

  • Sekarang saatnya buka kembali BNI Mobile Banking anda dan masuk ke Rekeningku ➡ Tabungan & Giro ➡ Transaksi Terakhir. Terdapat 4 digit kode yang dikirim PayPal.
PayPal Quickstep
  • Lalu klik Enter the code to confirm your card untuk memasukkan kode 4 digit yang dikirimkan ke mutasi anda.
PayPal Quickstep
  • Selanjutnya masukkan 4 digit angka yang anda dapatkan di mutasi.
PayPal Quickstep
  • Selamat! kini akun PayPal anda telah terverifikasi. Anda cukup menunggu 24 jam agar akun PayPal anda dapat digunakan untuk transaksi, berbelanja, menerima saldo, dan berbagai macam aktivitas pada akun lainnya.

Dengan melakukan verifikasi, anda menjadi anggota PayPal yang terproteksi dan memiliki banyak kelebihan lainnya.

Cara Optimasi Akun PayPal

Setelah membuat akun PayPal dan menjadi anggota terverifikasi saya biasanya melakukan beberapa pengaturan lanjutan, ini penting biar akun PayPal aman, punya proteksi tambahan, dan terlihat lebih nyaman.

Ada beberapa hal yang saya lakukan, diantaranya:

  • Memperbarui keamanan akun
  • Mempebarui profil PayPal
  • dan mengecek keseluruhan pada akun

Cara Memperbarui Keamanan Akun PayPal

Ini salah satu langkah penting yang menurut saya wajib dilakukan semua pemilik akun PayPal, saya selalu menerapkannya pada akun yang saya buat, apakah untuk diri sendiri maupun untuk pelanggan saya. Caranya cukup mudah, ikuti step-step berikut:

  • Masuk ke akun PayPal anda, lalu klik icon ⚙ di menu sehingga anda diarahkan ke halaman Pengaturan.
  • Selanjutnya klik bagian Security. Disana 6 bagian yang berbeda, anda dapat memperbarui semuanya.
    • Password. Saya biasanya memperbarui setiap 3 bulan sekali agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Ini penting, ketika anda mendaftarkan password yang sama ke banyak layanan, bisa aja sewaktu-waktu bocor dan anda akan kehilangan semuanya.
    • Security questions. Biar tidak mudah di bobol, kita perlu meningkatkan keamanan akun. Dengan tambahan security questions, akun anda menjadi lebih aman dari reset password tidak dikenal.
    • CS PIN. Terkadang anda perlu menghubungi pihak PayPal secara langsung mengenai akun anda. Nah, terkadang pihak Costumer Service akan menanyakan PIN yang anda buat pada akun ini untuk mengonfirmasi bahwa anda pemilik akun tersebut.
    • 2-step verification. Ini paling bagus, namun sedikit mengesalkan. 2-step verifikasi diterapkan di layanan-layanan besar untuk menghindari login tanpa persetujuan. Dengan verifikasi 2 langkah ini, anda akan dikirimkan sebuah kode khusus yang anda masukkan ke langkah verifikasi setelah login. Yang paling bikin adalah, ketika anda akan login ke akun PayPal, anda harus memasukkan kode verifikasi. Ini mudah, anda kodenya langsung masuk ke smartphone anda. Namun sering kali PayPal sampai berjam-jam, kode verifikasi tidak masuk ke smartphone anda.


Dengan ini anda telah mendapatkan sebuah rekening online yang bisa anda gunakan untuk apa saja di masa depan. Perlu diketahui, saya akan terus memperbarui artikel ini mengikuti perkembangan PayPal, pembaruan terhadap desain, kebijakan, dan lain sebagainya. Saya juga akan terus menambahkan judul-judul baru yang berkaitan dengan PayPal disini. Jika anda merasa ada yang tertinggal, silahkan berkomentar atau meminta tambahan judul yang sesuai dengan konten, saya akan menambahkannya berdasarkan pilihan pengunjung. Terima kasih, selamat mencoba PayPal Quickstep!

No Comments
Comments to: PayPal Quickstep: Rangkuman PayPal Terlengkap

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *