Proses Perencanaan Karir

0 27

Memilih karier merupakan sesuatu masalah besar. Ini lebih dari sekedar memutuskan apa yang harus dilakukan untuk mencari nafkah. Ketika anda berpikir tentang jumlah waktu yang akan anda habiskan di tempat kerja, semua akan menjadi jelas mengapa keputusan ini merupakan masalah besar. Harapkan untuk bekerja sekitar 71% setiap tahun. Selama masa hidup anda, ini berarti sekitar 31 1/2 tahun dari 45 tahun yang mungkin anda habiskan untuk bekerja, dari awal karir anda hingga pensiun. Jangan meremehkan pentingnya memilih karier yang cocok untuk anda.

Untuk meningkatkan peluang anda menemukan karier yang memuaskan, ikuti, dalam urutan, 4 langkah dari proses perencanaan karier ini.

1 Penilaian Diri

Pada langkah pertama ini, anda akan menggunakan berbagai alat untuk mengumpulkan informasi tentang diri anda . Pelajari tentang anda mulai dari:

  • Minat: hal-hal yang anda gemari.
  • Nilai yang terkait dengan pekerjaan: Ide dan keyakinan yang penting bagi anda dan memandu tindakan anda.
  • Tipe kepribadian: Sifat-sifat sosial anda, motivasi, kekuatan dan kelemahan, dan sikap.
  • Keterampilan: Bakat alami atau kemampuan yang dipelajari melalui pelatihan dan pendidikan.
  • Lingkungan kerja yang direkomendasikan: Jenis tempat kerja yang anda sukai, misalnya, di dalam atau di luar ruangan, kantor atau pabrik, dan berisik atau senyap.
  • Kebutuhan pengembangan: Kemampuan kognitif anda yang berdampak pada jenis pelatihan atau pendidikan yang dapat anda selesaikan dan jenis pekerjaan apa yang dapat anda lakukan.
  • Realitas: Keadaan yang dapat memengaruhi kemampuan anda untuk melatih pekerjaan atau bekerja di dalamnya.

Anda akan mengidentifikasi karir yang mungkin cocok untuk anda selama penilaian diri, tetapi anda akan memerlukan lebih banyak informasi sebelum anda dapat membuat keputusan akhir. Langkah 2 akan membantu anda melakukannya.

2 Eksplorasi Karir

Eksplorasi karir berfokus pada belajar tentang pekerjaan yang tampaknya cocok berdasarkan hasil penilaian diri anda dan setiap profesi lain yang anda minati. Gunakan sumber daya online dan media cetak untuk mendapatkan deskripsi pekerjaan; belajar tentang tugas pekerjaan tertentu; dan mengumpulkan informasi pasar tenaga kerja termasuk gaji median dan pandangan pekerjaan.

Setelah menyelesaikan penelitian awal ini, anda dapat mulai menghilangkan profesi yang tidak menarik bagi anda dan mendapatkan lebih banyak rincian tentang hal-hal yang dilakukan. Ini adalah waktu yang ideal untuk melakukan wawancara informasi dan mengatur peluang pembayangan kerja. Selama wawancara informasi, anda akan bertanya kepada orang-orang yang bekerja dalam pekerjaan yang menarik bagi anda pertanyaan tentang pekerjaan mereka. Bayangan pekerjaan melibatkan seseorang di tempat kerja untuk belajar lebih banyak tentang apa yang mereka lakukan.

3 Kecocokan

Akhirnya, saatnya untuk melakukan aksi hangat! Selama Langkah 3, anda akan memutuskan pekerjaan mana yang paling sesuai untuk anda berdasarkan apa yang anda pelajari selama Langkah 1 dan 2 — penilaian diri dan eksplorasi karier.

  • Identifikasi pekerjaan di mana anda paling tertarik dan satu atau dua alternatif untuk jatuh kembali jika, karena alasan apa pun, anda tidak dapat mengejar pilihan pertama anda.
  • Berikan pemikiran serius bagaimana anda akan mempersiapkan untuk memasuki karier pilihan anda, biaya yang terkait dengan pendidikan dan pelatihan, dan apakah anda akan menghadapi hambatan apa pun, yang merupakan realitas yang dibahas selama langkah 1.
  • Kembalilah ke Langkah 2 jika Anda merasa perlu mengeksplorasi opsi lebih jauh sebelum membuat keputusan.

Setelah anda memilih karier, Anda dapat melanjutkan ke Langkah 4, yang akan menuntun anda menuju pekerjaan pertama anda dalam karier baru anda.

4 Tindakan

Selama langkah ini, anda akan menulis rencana aksi karier. Ini akan berfungsi sebagai panduan untuk mencapai tujuan akhir anda mendapatkan pekerjaan di karir anda yang dianggap menjadi pertandingan yang baik selama Langkah 3. Mengidentifikasi karir mana yang jangka panjang dan jangka pendek, tujuan anda harus mencapai titik akhir.

Mulailah menyelidiki program pendidikan dan pelatihan yang sesuai, misalnya: akademi, sekolah pascasarjana, atau program magang. Kemudian mulai mempersiapkan ujian masuk yang diperlukan atau mendaftar untuk masuk.

Jika anda siap untuk mencari pekerjaan, kembangkan strategi pencarian kerja. Identifikasi dan pelajari tentang calon majikan. Tulis resume anda dan lampirkan surat. Mulailah mempersiapkan wawancara kerja.

Apa Lagi Yang Harus Anda Ketahui Tentang Proses Perencanaan Karir

Penting untuk dicatat bahwa proses perencanaan karier tidak pernah berakhir. Di berbagai titik dalam karir anda, anda mungkin harus kembali ke awal, atau ke fase apa pun saat anda mendefinisikan kembali diri anda dan tujuan anda. Misalnya, anda dapat memutuskan untuk mengubah karier anda atau anda mungkin harus mencari cara untuk mengejar opsi yang lebih baik di saat ini.

Anda dapat mencoba untuk melalui proses perencanaan karier sendiri, atau anda dapat menyewa seorang profesional pengembangan karir yang akan membantu memfasilitasi perjalanan anda. Cara anda memutuskan untuk melakukan proses ini — dengan atau tanpa bantuan — kurang penting daripada jumlah pemikiran dan energi yang anda habiskan untuk memikirkannya.