WordPress

5 Rekomendasi Plugins WordPress untuk Blog Baru

WordPress merupakan sebuah platform yang cukup populer dikalangan blogger. Selain dengan keunggulan tampilan, WordPress juga menyediakan plugin-plugin tambahan yang cukup membantu pembuatan blog itu sendiri. Artikel kali ini akan saya bahas tentang rekomendasi plugins wordpress yang sangat worth untuk blog atau situs baru yang sedang anda kembangkan.

Kalau biasanya anda membangun sebuah blog, pastinya ngikutin hanya install plugins bawaan dari tema saja kan? Untuk kali ini, saya akan menjelaskan plugins wordpress yang saya rekomendasikan ini. Sebelumnya, plugin-plugin ini saya saring dari beberapa plugins yang biasa saya gunakan saat membuat sebuah blog atau situs dengan platform WordPress.

Bisa dikatakan, plugin-plugin ini membantu situs saya menjadi lebih baik. Selain itu, sebuah blog atau situs akan sangat butuh plugin yang saya rekomendasikan ini, penasaran? simak selengkapnya.

Apa itu Plugins WordPress?

Plugins WordPress merupakan vendor atau tambahan yang membantu platform WordPress menjadi lebih baik. Sebagai contoh plugin Cache, plugin ini berfungsi untuk menghapus jejak, cache yang ada pada situs anda. Jadi, anda tidak perlu lagi melakukan secara manual. Anda bisa mengatur schedule menghapus cache secara berkala baik itu setiap minggu atau bulan.

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan plugin SEO nomor #1 yang sangat penting untuk situs atau blog. Plugin ini telah dipercayai lebih dari 5 juta pengguna. Selain itu, fitur yang ada pada plugin ini memang sangat cocok dengan kebutuhan mesin pencari seperti:

  • Kata kunci yang ditarget,
  • Meta deskripsi yang direkomendasikan,
  • Mengatur judul artikel,
  • Mengatur permalink situs,
  • Menambah meta tags,
  • Menghubungkan webmaster,
  • dan masih banyak lagi.

Yoast SEO juga membantu anda content writer dalam membuat artikel. Dengan adanya indikator readability di Yoast SEO, membuat para penulis bisa mengetahui kekurangan yang ada pada sebuah artikel tersebut. Jadi, untuk blog yang baru saja dibangun, sangat saya rekomendasi plugins wordpress ini untuk terinstall di blog anda.

Contact Form 7

Sudahkah menyediakan halaman kontak untuk blog anda? kalau belum, saatnya membuat halaman tersebut agar mempermudah pembaca untuk terhubung lebih dekat dengan anda. Rekomendasi plugins wordpress ke 2 ini adalah tentang ‘solusi’ yang membantu pembaca terhubung dengan anda. Nah, dari banyaknya plugin-plugin interaksi, saya merekomendasi contact form 7 sebagai contak form terbaik.

Selain mudah digunakan, contact form 7 juga bisa dimodifikasi, menambah class, div, bahkan sampai ke captcha sekalipun. Selain itu, anda bisa menambahkan form yang dibuat ke halaman kontak anda, jadi nantinya si pembaca bisa langsung mengirimkan keluh kesah, saran, kritik, dan pernyataan cintanya melalui contact form yang ada di halaman kontak tersebut.

Complete Analytics Optimization Suite (CAOS)

Ada begitu banyak plugins-plugins super untuk analytics blog anda. Namun, diantara banyaknya plugins membuat situs anda menjadi semakin berat. Oleh karena itu, CAOS merupakan solusi bagi analytics blog anda. CAOS dibuat untuk mempermudah para pengguna situs yang menggunakan Google Analytics agar tidak ada kekurangan dalam page speed.

Seperti yang diketahui oleh banyak orang, salah satu penyebab situs menjadi kurang baik adalah banyaknya script, expired-date dari analytics yang tidak bisa diatur. Namun, CAOS memberikan solusi untuk anda yang hampir putus asa mengoptimasi situs blog. Termasuk saya, saat membangun blog tidak akan pernah lupa menginstall plugins analytics yang satu ini.

Regenerate Thumbnails

Kalau anda melihat gambar-gambar yang tidak beraturan saat membuat artikel, itu penyebabnya adalah karena tidak ada kesamaan pada thumbnails blog anda. Biasanya, thumbnails akan error pada kolom komentar, feature image di halaman depan atau homepage, sidebar, gambar bulat dan lain sebagainya.

Nah, Regenerate Thumbnails ini akan men-generate kembali gambar-gambar menjadi ukuran yang diperlukan oleh tema anda. Kalau gambar bulat yang sebelumnya menjadi lonjong, dengan bantuan plugin ini Insya Allah akan kembali menjadi bulat yang sempurna.

WP Rocket

Gambar logo WP RocketSebuah blog atau situs sangatlah perlu yang namanya plugins penghapus cache. Selain untuk keperluan optimasi, plugin seperti ini bisa membantu mengompress file-file seperti HTML, CSS, JavaScript yang ada pada blog anda.

WP Rocket merupakan salah satu plugin cache terbaik yang pernah ada. Kalau menurut saya nih, WP Rocket sekarang ini menduduki posisi nomor wahid bagi pengguna seperti saya.

Fitur yang ditawarkan juga cukup menarik, mulai dari mobile cache, compressor, combine file, defer, remove query strings, dan masih banyak lagi lainnya.

Kalau fitur utama yang paling perlu nih bagi saya, remove query strings, CDN, defer JS, optimize CSS, dan otomatis clean DB setiap minggu atau waktu yang dijadwalkan.

Jadi anda gak perlu lagi repot-repot menghapus sampah-sampah yang ada pada blog anda, udah otomatis tuh. Selain itu plugins ini juga menyediakan lazy-load, add-ons seperti Cloudflare, dan lain sebagainya. Udah komplit banget dah.

Namun untuk memiliki plugins ini, anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk membeli di situs resminya. Anda bisa melihat pricing list yang ada di situs WP Rocket.

Penutupan…

Rekomendasi plugins wordpress ini saya pilih berdasarkan pengalaman, kegunaan, dan kebiasaan yang saya lakukan saat membuat sebuah situs atau blog menggunakan platform wordpress. Situs-situs baru akan lebih mudah di optimasi ketimbang situs yang sudah berumur. Kasian kan kalau dibongkar ulang situs yang udah jalan.

Oleh karena itu, plugins wordpress ini sangat cocok diinstall saat situs baru saja dibuat, masih fresh gitu loh?.

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

5 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.