Solution

5 Situs Penyedia Stock Gambar Gratis Bebas Lisensi

Free Image Stocks merupakan situs penyedia gambar gratis yang dapat anda gunakan baik untuk kampanye sosial media, blogging, dan hal-hal lainnya.

Sekarang ini anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan featured image untuk post anda di blog. Lahirnya situs-situs penyedia stock gambar membuat kita semakin manja dan mudah membuat artikel. Biasanya nih, ketika comot gambar di internet, pasti dipenuhi rasa ragu dan takut akan Copyright.

Situs penyedia stock gambar ini memberikan akses gratis ke semua gambar yang tersedia disana. Anda dapat mengunduhnya dengan berbagai ukuran umum. biasanya tersedia 4 ukuran, yaitu:

  • Original. ukuran sebenarnya dari gambar tersebut, kisaran 4K-5K.
  • Large. Ukuran large ini biasanya sih untuk gambar resolusi HD, 1920.
  • Medium. Ukuran ini yang paling cocok untuk featured image di blog anda, saya sering menggunakannya. Ukurannya 1280.
  • Small. Ukuran terakhir, yaitu yang paling kecil diantara teman-temannya yang lain. Biasanya digunakan untuk thumbnail, ukurannya di Pexels 640.

Cukup kan untuk penjelasannya? sekarang langsung saja 5 situs penyedia stock gambar gratis yang pastinya bebas lisensi.

Pixabay

Pixabay merupakan stock-images gratis yang menyediakan gambar-gambar bagus dan bebas lisensi. Sangat cocok bagi anda pembuat fonts, blogger, content creator, dan pembuat aset digital lainnya. Pixabay menawarkan lebih dari 1,5JT gambar dan video yang dapat diunduh secara gratis.

Selain gambar-gambar nyata, anda juga dapat mengunduh vektor dan ilustrasi di Pixabay. Disini anda juga bisa menawarkan gambar-gambar atau photo yang anda potret sendiri, istilahnya menjadi kontributor atau author. Tapi anda tidak mendapat bayaran, kecuali jika anda menambahkan email PayPal anda yang bisa didonasikan oleh para fans anda.

Pexels

Pexels merupakan salah satu situs stock-images yang paling saya sukai, bisa dibilang ini favorit saya. Bahkan hampir semua artikel di blog ini menggunakan gambar dari Pexels. Selain bebas lisensi, gambar yang ditawarkan cukup bervariasi, sangat cocok untuk artikel-artikel yang saya buat.

Saya pernah mencoba mendaftar menjadi kontributor di Pexels, anda dapat menambahkan email PayPal disini, jadi ketika ada fans anda yang ingin berterima kasih, mereka bisa membelikan anda secangkir kopi melalui PayPal Donate.

Unsplash

Situs ini lebih mirip dengan Pixabay, anda bisa melihatnya langsung agar lebih puas. Unsplash merupakan situs penyedia stock gambar juga, namun saya tidak memiliki banyak pengalaman disini. Karena sudah puas dengan Pexels. Eiits, ini memang yang terakhir, namun tidak kalah bergunanya dibandingkan 2 situs diatas.

Unsplash menawarkan gambar dengan ukuran potrait dan juga foto yang luar biasa. Kalau anda mencari gambar untuk preview website, anda bisa menggunakan gambar dari situs ini, karena ada banyak gambar yang sangat cocok untuk preview website, baik itu untuk halaman demo ataupun halaman live anda.

Freepik

Freepik juga salah satu situs penyedia gambar gratis. Selain gambar-gambar menarik, Freepik lebih menekankan ke vector dan ilustrasi gambar. Anda sedang membuat blog yang bermuatan konten edukasi? Saya rasa Freepik akan menjadi pilihan menarik untuk anda.

Freepik juga menawarkan program membership Pro, jadi nantinya anda dapat mengakses gambar-gambar dan vector premium yang tersedia disana. Namun, jika kebutuhan anda hanya sebatas membuat konten, saya rasa yang free saja sudah terpenuhi sih.

Vecteezy

Stock gambar yang satu ini juga hampir mirip-mirip dengan Freepik, mereka menawarkan lebih dari 100.000 gambar ilustrasi gratis yang siap pakai. Ketika anda membuat sebuah featured image yang penuh dengan ilustrasi, saya sangat menyarankan menggunakan Vecteezy. Selain ilustrasi gambar yang menarik, anda bisa menambahkan teks yang cocok dengan keadaan konten yang anda tulis.

Nah, itulah 5 situs penyedia stock gambar gratis yang sangat cocok untuk anda gunakan dalam berbagai kebutuhan online anda.

Tags
Tampilkan lebih banyak

Iqbal Mauludy

Hello, I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Artikel terkait

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung saya dengan cara menonaktifkan Adblock anda, terima kasih.